Rabu , 04 January 2017, 14:01 WIB

4 Trik Dapur Sederhana untuk Mudahkan Memasak

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah
image
putih telur
putih telur

REPUBLIKA.CO.ID, Memasak sendiri di rumah punya banyak manfaat. Mulai dari menekan pengeluaran, menjaga kesehatan dengan asupan yang terjamin, atau sebagai healing bagi mereka yang memang hobi berkreasi di dapur.

Namun, memasak juga bisa ribet dan memakan waktu, terutama jika Anda akan menyambut tamu atau menyiapkan perjamuan. Tak perlu khawatir, empat tips dan trik sederhana dari FoodLifeHacks ini akan efektif menghemat waktu Anda di dapur.

Menghabiskan selai dalam toples

Sebal karena sisa selai atau madu menempel dalam toples sehingga tidak bisa lagi diambil? Caranya sangat mudah, cukup tempatkan toples selai yang tertutup dalam mangkuk air panas selama beberapa menit sampai semua isinya mencair dan mudah diambil.


Mencincang daging dengan parutan keju

Tak perlu lagi kesulitan mencincang daging karena parutan keju akan memberikan cincangan instan. Cukup parut lempengan steak atau daging lainnya yang akan berakhir dengan daging cincang sempurna tanpa food processor.


Kurangi rasa asin dengan putih telur

Terlalu banyak menggarami makanan sehingga menu utama jadi keasinan? Selamatkan keadaan dengan menambahkan putih telur dalam panci atau wajan masakan yang masih menggelegak di atas kompor kemudian angkat kembali putih telurnya saat rasa asin sudah berkurang.

Air lemon instan

Banyak resep membutuhkan sedikit perasan air lemon, tetapi jika Anda memotong dan memeras buahnya kadang sisanya jadi mubadzir. Alih-alih diperas, lubangi saja lemon Anda dengan tusuk gigi untuk mendapatkan sedikit pasokan instan jus lemon.