Kamis , 01 September 2016, 07:50 WIB

5 Pengetahuan Fotografi untuk Hasil Foto Menarik

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Pria memotret
Pria memotret

REPUBLIKA.CO.ID, Kecanggihan kamera di ponsel membuat berfoto lazim dilakukan. Namun tidak semua orang mengetahui trik mengambil foto yang menarik untuk dilihat.

Agar foto terlihat bagus bukan hanya ditunjang dari kamera yang mahal. Butuh pengetahuan dasar untuk menangkap sebuah situasi menjadi lebih dinikmati lewat gambar dua dimensi.

Dikutip dari Telegraph, berikut ini yang perlu diperhatikan ketika akan mengambil foto.

Memilih Subjek
Hindari mengambil foto yang bisa dilakukan. Jangan mengadalkan arus yang sedang terjadi, coba lihat dari sisi lain yang bisa dikulik.

"Persepsi adalah kunci untuk fotografi yang baik, memiliki kamera benar-benar baik dan mahal, ibaratnya mengendarai Bentley. Tidak selalu membuat Anda seorang sopir yang lebih baik," ujar fotografer profesional Charlie Waite.

Komposisi
Masalah komposisi foto, Waite menekankan percayakan pada insting pribadi. Mulai dari pencahayaan hingga masalah artistik lain seharusnya menjadi selera pribadi untuk bisa ditujukan.

"Sebuah foto dapat 'bekerja' dengan cara yang sama sebagai karya musik, patung, puisi atau bentuk artistik ekspresi diri," kata Waite.

Warna dan Sudut Pandang
Fotografi digital menawarkan kesempatan tidak terbatas untuk memodifikasi dan meningkatkan citra yang ingin disampaikan. Tapi manusia awam pun akan mempertanyakan jika langit tidak berwarna biru atau rumput tidak berwarna hijau. Jika alam membuat warnanya berubah, maka jangan edit warna tersebut menjadi terlampau berbeda.

"Tapi jangan mengambil keuntungan dari faktor-faktor seperti kondisi cuaca dengan membersihkan langit setelah hujan, misalnya, atmosfer telah dibersihkan dan warna akan tampak lebih jelas," ujar Waite.

Potret dan Perspektif
Menangkap sebuah foto tidak harus dengan cara landscape. Ada hal-hal yang terasa lebih dalam ketika diambil secara potret. Rasakan citra yang ingin diambil untuk bisa disampaikan pada orang lain yang tidak melihat langsung.

Edit dan Presentasi
Setelah usai mencari objek-objek menarik untuk ditangkap pada sebuah foto, jangan biarkan terbengkalai begitu saja di tempat penyimpanan. Coba sedikit beri sentuhan edit untuk lebih membuat foto menarik dan terasa pas.  Jika perlu cetak pada pelbagai bentuk media untuk menjadi kenangan hasil dari pencarian objek yang menarik.