Rabu , 08 June 2016, 09:03 WIB

Rahasia Tidur Lelap Para CEO

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari
pixabay
Jangan pandang sepele bila Anda rutin kurang tidur. Dampaknya bisa berbahaya bagi tubuh.
Jangan pandang sepele bila Anda rutin kurang tidur. Dampaknya bisa berbahaya bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, Sejumlah studi telah memperingatkan dampak buruk kurang tidur untuk produktivitas dan kesehatan. Hal ini tentu memunculkan pertanyaan bagaimana para eksekutif top yang punya jadwal padat mengatur jam tidur mereka.

Rupanya, ada rahasia untuk mengoptimalkan siklus tidur agar produktivitas kerja tak terganggu. Berikut rangkuman rahasia tidur dari Managing Director Endress+Hauser di India, Sajiv Nath. Lalu pengelola Hard Rock Cafe, Jay Singh. Serta pendiri perusahaan teknologi Navi Mumbai, Naveen Joshi.

Cermati jam kerja
Sebagian eksekutif memiliki jam kerja 12-14 jam sehari, sementara sebagian lain sekira 10-12 jam. Hal tersebut dianggap perlu dicermati untuk memastikan berapa jam yang dibutuhkan untuk tidur.

Mengatur pola tidur
Para eksekutif memastikan bisa tidur setiap hari selama setidaknya 5-7 jam agar kesehatan dan produktivitas terjaga. Hal itu kadang fleksibel, mengingat sangat seringnya mereka harus bekerja dengan orang-orang di zona waktu yang berbeda atau bepergian ke luar kota dan luar negeri.

Disiplin
Membuat jadwal tidur dan disiplin melakukannya dapat membantu menjaga keseimbangan hidup. Joshi, misalnya, yang sebisa mungkin tidur pada pukul 23.00 ketika tak ada pekerjaan tambahan atau acara global yang harus dihadiri.

Bersantai sebelum tidur
Tidur berkualitas yang nyenyak tanpa gangguan penting agar seseorang bangun dengan segar dan siap beraktivitas keesokan harinya. Salah satu kunci mendapatkannya ialah melakukan kegiatan relaksasi sejenak sebelum waktu tidur, seperti bersantai atau menonton TV.

Gaya hidup sehat
Para eksekutif percaya, kesibukan harus selalu diimbangi dengan gaya hidup sehat. Makan makanan bernutrisi dan olahraga ringan secara teratur seperti berjalan, berenang, dan jogging beberapa kali sepekan adalah keharusan, dilansir dari Times of India.

(baca: Sejak Umur 3 Tahun tidak Perlu Tidur Siang)