Ahad , 14 Februari 2016, 06:41 WIB

Tips Atur Waktu Tidur Bagi Ibu

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Health
Perempuan tidur. Ilustrasi
Perempuan tidur. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki bayi menjadi harapan wanita ketika telah menikah. Keberadaan seorang anak menjadi momentum wanita lebih sempurna karena menjadi ibu.

Tapi terkadang ketika menjadi ibu pertama kali, Anda sering terbentur dengan pengaturan waktu tidur yang tidak tetap. Kehidupan Anda akan dipengaruhi kegiatan si bayi kecil terjaga.

Menurut American Academy of Paediatrics, bayi akan mulai tidur sepanjang malam ketika sudah memasuki usia enam sampai sembilan bulan. Karena itu, ibu perlu menyiapkan diri dalam rentang waktu tersebut dengan pengaturan waktu tidur yang tepat.

Dikutip dari Femalefirst, belum lama ini, untuk menghindari kacaunya waktu tidur yang bisa berakibat pada kesehatan Anda, sebaiknya coba ikuti ritme tidur bayi. Jika Bayi tertidur di siang hari, coba beristirahat sejenak pula, melepas pekerjaan lainnya sementara waktu.

Jika waktu tidur di malam hari tiba, coba tempatkan diri senyaman mungkin untuk tidur. Jangan teralu khawatir tengah malam harus terbangun, tapi kondisikan tubuh agar bisa nyaman ketika menutup mata, seperti menggunakan selimut di kaki Anda memungkinkan menenangkan pikiran dan mudah membuat tertidur.

Jika Anda masih sulit tertidur ketika waktu tidur tiba, mungkin bantuan perlu terima, seperti menonton acara membosankan atau meminum beberapa pil tidur. Hanya saja, coba untuk tidak ketergantungan dengan hal ini.

Di samping mencoba rutinitas tidur, Anda juga perlu memperhatikan konsumsi kopi harian. Coba hindari mengonsumsi kopi di atas pukul 14.00 untuk menghindari kesulitan tidur.

Berita Terkait