Kamis , 31 December 2015, 23:27 WIB

Cari Kamar dengan Harga Terjangkau di Musim Libur, Ini Tipsnya!

Rep: Puti Almas/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
javastartravel.com
Kamar hotel/ilustrasi
Kamar hotel/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun baru Bagi banyak orang di seluruh dunia, tentu momen pergantian tahun ini biasanya dirayakan dengan menghabiskan saat yang menyenangkan bersama orang-orang terdekat.

Terlebih, 1 Januari 2016 jatuh pada Jumat dan menjadikan pekan ini menjadi long weekend. Banyak orang yang memanfaatkan waktu tersebut untuk berlibur di luar kota.

Sebelum memutuskan untuk berlibur, Anda tentu harus mempersiapkan penginapan selama berada di tempat tujuan. Namun, seperti pada musim liburan pada umumnya, harga hotel biasanya jauh meningkat.

Belum lagi, Anda yang melakukan pemesanan kamar hanya beberapa hari sebelum liburan dimulai. Selain tak ada lagi tempat menginap yang tersedia, harga yang ditawarkan pun bisa berkali-kali lipat mahalnya.

Tetapi, jika Anda lebih cermat, harga kamar hotel yang terjangkau bukanlah hal mustahil untuk didapatkan. Rajin-rajinlah membuka situs pencarian hotel yang biasanya memberikan harga terbaik. Selain cenderung lebih hemat, biasanya terdapat diskon khusus sekalipun kita melakukan pemesanan online tidak dari jauh-jauh hari.

"Biasanya melakukan pemesanan via online di situs yang menyediakan jasa pencarian hotel itu sering memberikan potongan harga setiap waktu. Jadi, meski di musim liburan harga hotel cenederung mahal, tetap relatif lebih murah memesan dari sini," ujar konsultan travel Raja Wisata, Sabila Fardhini kepada Republika.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pemesanan lewat travel agent maupun travel organizer yang telah terpercaya. Biasanya, mereka memiliki promo khusus untuk hotel dan penginapan. Karena itu, Anda bisa mendapatkan harga kamar yang lebih hemat.

Meski demikian, Sabila mengatakan di musim libur ini memang semua harga yang berhubungan dengan wisata, baik hotel maupun tiket pesawat pasti meningkat.  Khususnya bila tempat tujuan Anda populer di kalangan turis.

"Sebisa mungkin carilah hotel yang tidak berada di pusat kota atau dekat dengan bandara. Selain kemungkinan besar kamar masih tersedia, harga yang ditawarkan hotel seperti ini biasanya lebih hemat," jelas Sabila.

Meskipun cukup jauh dari pusat kota, hotel di lokasi ini memiliki banyak keuntungan. Diantaranya, udara yang lebih asri, serta terhindar dari keramaian yang cenderung membuat bising. Anda hanya perlu melihat dengan jelas lokasi hotel dan penginapan yang sudah dipesan dan memastikan transportasi apa yang bisa digunakan untuk mencapai tempat-tempat wisata yang dituju di daerah itu.