Monday, 2 Safar 1436 / 24 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Ditolak Penerbit Lokal, Novel Mahasiswa Bandung Sukses di Pasar Internasional

Saturday, 21 January 2012, 16:05 WIB
Komentar : 0
imagesbn
Novel karya Aya Lancaster
Novel karya Aya Lancaster

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG --  Novel "Chronicles of The Fallen: Rebellion" karya Aya Lancaster (23), mahasiswa Institut Teknologi Harapan Bangsa, Bandung, yang sempat ditolak beberapa penerbit lokal, justru dilirik penerbit internasional. Novel itu diterbitkan di Inggris dan diedarkan di kawasan Eropa.

"Buku ini pertama kali diluncurkan bulan Oktober 2011. Diedarkannya di Inggris, cetaknya di Amerika," kata Aya Lancaster, di sela-sela acara diskusi buku itu di Bandung, Sabtu.

Dia mengatakan, sebelumnya novel itu ditolak oleh banyak penerbit lokal. "Waktu itu saya sodorkan novel ini ke penerbit di Indonesia malah ditolak. Saya malah sempat dipingpong oleh beberapa penerbit hingga akhirnya mereka bilang ke saya bahwa mereka tidak tertarik dengan noveL saya ini," ujar Aya.

Menurutnya, alasan penerbit Indonesia menolak novel perdananya tersebut mungkin karena belum terbiasa dengan ide atau ceritanya. "Kenapa ditolak, mungkin karena mereka bilang ceritanya agak belum biasa kalau untuk diterbitkan di Indonesia, karena tokoh utamanya itu iblis perempuan. Padahal buku ini bukan seperti yang mereka maksudkan," kata Aya.

Ditolak oleh penerbit lokal tak mematahkan semangat Aya, mahasiswa Jurusan IT di Institut Teknologi Harapan Bangsa. "Saya disarankan oleh teman saya untuk menawarkan novel saya ini ke penerbit luar dan memang penerbit luar malah menerima dan mau menerbitkan novel saya," kata Aya.

Saat ini, menurut dia, novelnya itu sudah beredar di Eropa, seperti Inggris, Jerman, Prancis, Italia, Jepang, dan negara tetangga Singapura, serta Amerika Serikat.???
Novel itu sudah mendapatkan resensi dari majalah Reader's Digest.
Novel tersebut bercerita tentang sisi lain dari hubungan malaikat dan iblis. "Ceritanya cinta, persahabatan, dan peningkhianatan. Tapi kalau mau ditarik lagi, intinya Tuhan itu tidak ada yang ngalahin," kata Aya.

Novel ini bisa dipesan amazon.com, ebay.com dan toko buku tertua di Inggris "Barnes and Noble". Aya menuturkan, peluncuran novel setebal 448 halaman tersebut di Indonesia akan dilakukan di Jakarta dan Bali dalam waktu dekat.

Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah(HR. Tirmidzi)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Keren, Ada Aplikasi untuk Mengatur Usaha Kecil Anda
NEW YORK -- Baru-baru ini, jaringan kedai kopi Starbucks mengklaim unggul dalam pembayaran lewat aplikasi ponsel dengan 7 juta transaksi seminggu. Tetapi UKM...