Rabu, 16 Jumadil Akhir 1435 / 16 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Nyaman ke Pantai dengan Hijab

Rabu, 26 Oktober 2011, 16:15 WIB
Komentar : 0
Foto-foto: Nyanyu/PicnicHolic
Main ke pantai, pengguna hijab tetap bisa tampil nyaman dan cantik.
Main ke pantai, pengguna hijab tetap bisa tampil nyaman dan cantik.

Main-main di pantai itu memang seru. Sekedar berenang, snorkeling, leyeh-leyeh, atau malah cuma mau narsisan foto-foto saja.. Siapa yang bisa menolak jika pemandangan yang ditawarkan cukup menarik? Apalagi sekarang banyak Holiday Organizer yang menawarkan paket jalan-jalan keliling pulau dengan harga yang murah.

Main-main ke pulau, sudah pasti main-main di laut dan pantainya. Pantai memang panas dan cenderung lengket. Buat yang nonhijabers, tinggal memakai celana pendek/bermuda yang dipadupadankan dengan t-shirt atau tanktop agar tetap nyaman.

Nah, kalau buat Hijabers? Jangan takut acara jalan-jalan ke pantai jadi ribet di urusan outfit. Kalian tetap bisa tampil nyaman, cantik, fashionable dan bisa menikmati pantai kalau tahu trik-trik memadupadankan busana.

Berikut tips-tips berbusana ke pantai ala Hijabers yang tanpa ribet namun tetap nyaman dan cantik:



Do:

1. Kalau kebetulan ngetrip ala backpacker, bawalah sleeping bag. Meskipun kita dapat kamar, namun biasanya trip ala backpacker menyediakan akomodasi untuk bersama-sama dalam satu penginapan, baik laki2 maupun perempuan. Sleeping bag membuat kita nyaman tidur karena tidak perlu khawatir apabila pakaian tersingkap. Sleeping bag aman melindungi aurat kita saat kita terlelap tidur.

2. Gunakan T shirt/kaos yang nyaman dan berbahan lembut.
T shirt yang nyaman adalah yang berbahan katun dan mampu menyerap keringat. Agar lebih oke saat di foto, jangan ragu memakai warna-warna yang cerah

3. Gunakan tanktop sebelum mengenakan kaos/t shirt. Tanktop ini berfungsi melindungi tubuh kita yang lebih terlihat ‘bentuknya’ dalam keadaan pakaian basah, juga melindungi aurat kita jika kaos yang kita kenakan tersingkap di dalam air. Pilih tanktop yang berbahan halus, nyaman, tanpa motif dan mempunyai warna netral agar (putih, coklat, hitam)

4. Gunakan kerudung langsung pakai (bergo) untuk menghindari posisi hijab berubah/bergeser. Atau untuk lebih nyaman lagi gunakan dive hood. Dive hood adaah semacam penutup kepala hingga leher yg terbuat dari bahan elastis yang jika dalam keadaan basah akan merekat dikulit. Bahannya sama seperti wetsuit, tersedia dalam ukuran S,M,L. Dive hood bisa kita kenakan saat snorkeling/ diving.

5. Kenakan legging berwarna gelap. Legging cukup simpel dan nyaman digunakan, baik dalam keadaan basah maupun kering. Manfaatkan kain pantai sebagai penutup jika sedang tidak di dalam air. Kain pantai terlihat fashionable jika dipadupadankan dengan kaos polos warna apa saja

6. Celana pendek colourfull juga bisa dipadupadankan dengan legging. Yang penting PD! Pilih celana pendek/hotpant yang tidak ketat agar tetap nyaman.

7. Ingin tetap terlihat keren saat foto di pantai? Jangan ragu mengenakan flower dress wrana cerah! Jika kita pandai memadupadankan  pakaian yang kita kenakan, kesan summer akan semakin nyata dalam perjalanan kamu :)

Don’t

1. Mengenakan jins saat ke pantai. Selain berat, ga nyaman, jins juga membuat tas kita ‘penuh’. Saat jins basah, kita menjadi tidak nyaman bergerak karena jins terasa berat dibadan

2. Menggunakan kerudung yang harus direkatkan dengan beberapa peniti. Selain kerudungmu akan bergeser sana-sini, peniti juga akan jadi berkarat. Akibatnya, peniti bisa rusak dan noda karatnya bisa saja menempel di kerudungmu

3. Memakai kaos yang tipis/super longgar/warna putih tanpa di dobel dengan tanktop. Ups, bisa ‘nyiplak’ sana-sini. Kaos yang terlalu longgar akan mudah tersingkap saat kita gunakan untuk berenang

4. Memakai rok, celana training, kemeja, atau pakaian dari bahan chiffon

5. Mengenakan baju renang muslim tanpa di rangkap dengan kain pantai. Meskipun baju renang muslim menutup seluruh aurat, tetap saja baju renang tersebut ketat dan menempel di badan. Saat jalan-jalan di pantai dan tidak sedang beraktifitas renang, rangkap/tutup dengan kain pantai

So, sudah siap mantai??? enggak ribet kaann???



Nyanyu Partowiredjo
, pelaku wisata
picnicholic@gmail.com







Rubrik ini bekerja sama dengan PicnicHolic
www.picnicholic.webs.com

@PicnicHolic

Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah(HR. Tirmidzi)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  ambu farras Rabu, 26 Oktober 2011, 16:57
tapi ko busananya tetep jauh dari Syari'e...