Minggu, 5 Ramadhan 1439 / 20 Mei 2018

Minggu, 5 Ramadhan 1439 / 20 Mei 2018

Kurangi Penggunaan Gadget di Depan Anak!

Sabtu 10 Februari 2018 08:04 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri

Remaja masa kini yang baik namun kecanduan gadget. Ilustrasi

Remaja masa kini yang baik namun kecanduan gadget. Ilustrasi

Foto: Pixabay
Keasikan dengan gadget bisa memengaruhi jam istirahat, kadar melatonin, dan fisik.

REPUBLIKA.CO.ID, Tahukah Anda? Paparan gadget berlebihan tidak baik bagi anak juga orang tua karena memengaruhi lobus frontal. Ini menyebabkan orang tua menjadi tidak teratur, menunjukkan kontrol impuls buruk, kurang disiplin, dan sulit membatasi diri.

Keasikan dengan gadget bisa memengaruhi jam istirahat, kadar melatonin, dan kesehatan fisik orang dewasa. Sama seperti anak-anak, efeknya pada orang tua bisa sampai menimbulkan stres, tidur tidak nyenyak, dan insomnia.

Ada banyak alasan mengurangi aktivitas gadget di depan anak. Detoks gadget atau membatasi penggunaannya merupakan metode penyembuhan hebat bagi seluruh keluarga, sebagaimana paparan ahli kesehatan, dilansir dari Psychology Today.

1. Anda akan mencontohkan hal baik pada anak

Kebiasaan orang tua menggunakan gadget berkorelasi erat dengan anak. Jika orang tua dan anak sama-sama mendisiplinkan diri, akan ada rasa saling menghormati satu sama lain. Ini memberi kesan bahwa berinteraksi langsung dengan anggota keluarga jauh lebih bahagia dan lebih sehat.

2. Anda mendampingi tumbuh kembang anak

Terlalu banyak menggunakan gadget membuat waktu berkualitas Anda dengan keluarga berkurang. Anda tanpa sadar melewatkan tumbuh kembang anak, apalagi orang tua yang memiliki bayi masih kecil.

3. Fungsi eksekutif Anda meningkat

Lobus frontal berfungsi mengatur perencanaan dan pemecahan masalah. Membatasi diri melihat gadget membuat Anda lebih kreatif, aktivitas orang tua dan anak menjadi lebih aktif terkendali.

4. Anda lebih tanggap

Entah itu menyelesaikan pekerjaan rumah, pekerjaan kantor, Anda akan lebih tanggap dan langsung mengeksekusi rencana-rencana yang ada. Gadget terkadang membuat seseorang menunda atau mengulur waktu yang seharusnya bisa dipakai mengerjakan hal lain.

5. Anda lebih hadir secara emosional

Ikatan emosional orang tua dan anak semakin erat. Remaja zaman sekarang sering mengeluh jarang diperhatikan orang tua, bahkan meski sedang berada di ruangan sama. Penelitian menunjukkan menghabiskan waktu berkualitas dengan anak tanpa gadget akan melindungi mereka dari kecanduan teknologi di masa depan.

6. Anda cukup istirahat

Gadget selalu menggoda jam istirahat seseorang. Orang tua akhirnya suka tidur larut, dan akhirnya mengurangi energi untuk keesokan harinya.

7. Perilaku dan emosi anak terkendali

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa penggunaan perangkat gadget berlebihan pada orang tua memicu masalah perilaku pada anak. Resonansi emosional, kontak mata, interaksi tatap muka dari orang tua membantu mengatur sistem saraf anak dan pada akhirnya membantu mengajarkan mereka cara menenangkan diri dan mengendalikan perilaku.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA