Senin , 02 October 2017, 13:36 WIB

Aplikasi E-Book Buat Anak Betah Membaca

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Wikimedia
Tak sempat ke toko buku? Kini membeli buku secara digital bisa jadi pilihan bagi bacaan anak.
Tak sempat ke toko buku? Kini membeli buku secara digital bisa jadi pilihan bagi bacaan anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mendorong kegemaran membaca pada anak tidaklah mudah. Apalagi saat ini banyak bermunculan gawai dengan berbagai permainan yang menarik.

Buku bisa menjadi hal yang membosankan bagi anak sehingga mereka cenderung memilih gawai. Menjawab tantangan tersebut, sebuah platform toko buku daring khusus untuk anak-anak di bawah umur 12 tahun bernama PiBo hadir. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan aplikasi reader.

Pendiri Aplikasi PiBo, Mayumi Haryoto mengatakan aplikasi ini menggunakan pendekatan yang kreatif dan pengolahan materi positif yang aman dan terukur. "Berkat perkembangan teknologi dapat meningkatkan produktifitas anak di kemudian hari. Oleh karena itu kami sepakat bentuk buku digital (e-book), penyajian yang ramah dan berkualitas dan mudah diakses," ujarnya, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, aplikasi ini memiliki 100 buku digital yang bisa diakses secara gratis dan berbayar. Adapun harga buku digital yang ditawarkan cukup terjangkau, mulai Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribuan.

"Pembayaran bisa melalui semua bank secara transfer dan juga kredit," ucap Mayumi.

Aplikasi toko buku daring anak-anak pertama di Indonesia dapat membantu meningkatkan minat baca anak-anak umur 3-12 tahun, PiBo banyak mengangkat materi-materi kehidupan sehari-hari yang simpel dan relevan dalam konteks kehidupan anak-anak cerdas dan modern di Indonesia. "Diharapkan anak-anak Indonesia dapat menjadikan kegiatan membaca sebagai hobi dan kebiasaan mereka sehari-hari," ungkapnya.

Ke depan, PiBo ingin menggandeng para orang tua untuk bersama-sama menanamkan kebiasaan membaca sebagai sebuah budaya yang harus dilestarikan seumur hidup.

Berita Terkait