Senin , 02 Oktober 2017, 12:40 WIB

Cara Sederhana Tingkatkan Minat Baca Anak

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Republika/Prayogi
 Sejumlah anak-anak membaca buku di Perpustakaan Masyarakat Jakarta (PERMATA) di RTH Kalijodo, Jakarta, Rabu (7/6).
Sejumlah anak-anak membaca buku di Perpustakaan Masyarakat Jakarta (PERMATA) di RTH Kalijodo, Jakarta, Rabu (7/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki anak yang gemar membaca tentunya adalah dambaan setiap orang tua. Bayangkan betapa indahnya mengajari anak banyak hal jika mereka sudah menaruh minat yang baik terhadap bacaan.

Salah satu pendiri Litara Foundation, Sofie Dewayani mengatakan minat baca seorang anak bisa terangkat bagaimana peran orang tua mendidiknya. Usahakan minat baca anak sudah ditanamkan sejak dini minimal di usia 3 tahun.

"Selama ini membaca hanya dijadikan evaluasi, baca ketika sedang ada tes, ujian dan di level mata pelajaran," ujarnya di Jakarta.

Untuk itu, ia menyarankan agar para orang tua bisa menumbuhkan minat baca anak. Cara yang paling sederhana adalah menjadikan buku bagian dari kegiatan sehari-hari anak yang menyenangkan.

"Para orang tua perlu meluangkan waktu untuk membacakan buku-buku cerita menarik sesuai minat dan tingkat bahasa anak dengan ilustrasi ekspresif," ungkapnya. Selain membacakan buku cerita banyak kegiatan-kegiatan lanjutan yang dapat dilakukan orang tua bersama anaknya terkait topik cerita, misalnya membahas cerita lebih dalam, menyanyi lagu-lagu sehubungan dengan topik atau tokoh cerita maupun mengubah cerita sesuai imajinasi anak.

"Dengan selalu mendampingi anak akan meningkatkan minat baca maupun kemampuan berbahasa anak dan secara tidak langsung juga melindungi anaknya dari berbagai bacaan yang tidak atau kurang sesuai," ucap dia.


Berita Terkait