Kamis , 07 September 2017, 07:19 WIB

Tolak Pemberian Orang Asing, Kunci Cegah Jadi Korban Pedofil

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Winda Destiana Putri
Foto : MgRol_93
Ilustrasi Pedofil
Ilustrasi Pedofil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta untuk menghindari menjadi korban kejahatan pedofilia adalah sang anak harus berani menolak pemberian orang lain. Wakil Ketua KPAI, Rita Pranawati mengatakan, kebanyakan pelaku pedofilia memberikan kasih sayang semu dengan memberikan anak sesuatu atau barang yang bocah tersebut tidak didapatkan di rumahnya.

Contohnya kasus Emon yang sempat heboh beberapa waktu lalu yang terlihat penyayang dan memenuhi kebutuhan anak. Ini yang membuat anak tertarik dan terikat pada Emon. Tetapi, ternyata dia predator pedofilia. Sayangnya ciri-ciro seperti ini kerap tidak disadari.

"Penting untuk belajar menolak, kalau mau diberi (barang atau sesuatu) orang jangan mau. Ini basic sekali ketika berani menolak ajakan-ajakan seperti itu," ujarnya, di Jakarta, belum lama ini.

Ia juga meminta orang tua juga harus mengajari anak bagian tubuh mana yang boleh disentuh dan bagian tubuh yang tidak boleh disentuh orang lain. Upaya-upaya itu dinilainya dapat meminimalisir pedofilia.