Senin , 24 Juli 2017, 15:27 WIB

Butuh Waktu Pulihkan Korban Perundungan

Rep: Desy Susilawati/ Red: Esthi Maharani
Foto : MgRol_93
Ilustrasi Bullying School
Ilustrasi Bullying School

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Psikolog Anak dan Remaja, Astrid WEN, mengatakan korban perundungan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bangkit dan menjalani hidupnya secara normal. Kebanyakan dari mereka mengalami trauma.

Lalu bagaimana caranya memulihkan mereka? Butuh waktu berapa lama?

“Korban ini memang harus dibantu dengan dibela, dan juga harus dibantu dengan pemulihan, Karena mungkin dia ada trauma, shock, dan dia harus dibantu supaya stand up untuk dirinya sendiri. Mungkin mindset-nya, mungkin pengasuhan di keluarga mereka,” ujarnya.

Apakah untuk memulihkan korban butuh waktu lama?

Menurutnya, ini tergantung setiap individu, tidak bisa disamaratakan. Korban kekerasan bisa saja sekali waktu teringat kembali dengan peristiwa yang dialaminya.

“Itu bisa terjadi saat kita pikir dia sudah baik-baik saja,” tambahnya.

Karena itu, untuk korban penting sekali untuk dilakukan psychological check up setiap enam bulan sekali. Hal ini untuk membantu mereka membuang stres dan membantu mereka bangkit.

“Jadi kalau misalnya dia dapat keluarga supportive yang bisa bantu dia untuk stand up, itu bagus, kalau dia gak punya support-nya, dia harus datang ke ahli atau ke sekolah, bisa bangkit lagi,” ujarnya.