Thursday, 9 Ramadhan 1439 / 24 May 2018

Thursday, 9 Ramadhan 1439 / 24 May 2018

Bayi Susah BAB? Pakai Cara Ini

Sabtu 08 October 2016 12:06 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani

Ibu dan bayinya.

Ibu dan bayinya.

Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bayi terkadang terkena kembung dan susah buang air besar. Ibu tidak perlu panik dan langsung memberikan obat. Ada alternatif lain yang lebih mudah, murah, dan sederhana. Anda cukup memijat.

Pijatan pada area perut sangat manjur untuk obat saat bayi kembung dan susah buang air besar. Tidak perlu dengan pijatan keras, hanya dengan menekan dan mengusap sedikit pada area tertentu. Gerakan-gerakan pijatan yang akan dilakukan dianjurkan dimulai dari sebelah kiri ke kanan. Sebab saluran lubang anus berada di sebelah kanan.

Gerakan pertama yang perlu dilakukan seperti mengayuh sepeda, ketika dua tangan secara bergantian menekan dari bagian tulang bawah iga ke arah bawah perut.

“Biasanya sering kali dalam proses pijat itu sering ada bayi yang langsug buang air atau poop, tapi ya sudah lanjutkan saja,” kata Terapis Pijat Bayi di RSU Bunda Jakarta Lisma Meliana AmKeb.

Setelah selesai, dilanjutkan dengan gerakan mengetik menggunakan tiga jari manis, tengah, dan telunjuk. Setelah itu dilanjutkan gerakan ILU yakni tangan dirapatkan kemudian menarik dari bagian perut atas bayi  menyerupai huruf ILU terbalik secara bergantian.

Gerakan berikutnya yaitu bulan sabit matahari. Gerakan tersebut seperti gerakan satu tangan mengitari perut bayi dan satu tangan memutar setengahnya. Bentuk tangan sama ketika melakukan gerakan ILU.

Ulangi semua gerakan selama enam kali, baru pindah pada gerakan berikutnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Lintas Ekonomi dan Bisnis

Kamis , 24 May 2018, 22:37 WIB