Wednesday, 28 Zulhijjah 1435 / 22 October 2014
find us on : 
  Login |  Register

10 Hal yang Bisa Anak Pelajari di Playgroup (2)

Friday, 12 October 2012, 03:00 WIB
Komentar : 0
trottiscliffevillage.co.uk
Ilustrasi.
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ternyata banyak hal-hal bermanfaat yang bisa dipelajari balita Anda saat mengikuti playgroup (kelompok bermain). Dan hal itu secara positif memiliki peran cukup besar dalam membantu perkembangan anak ke depannya. 

Sebelumnya sudah dipaparkan beberapa hal positif yang bisa dipelajari anak dengan mengikuti kelompok bermain/playgroup. (Baca:10 Hal yang bisa Anak Pelajari di Playgroup 1). Dan berikut ini adalah lanjutannya:

6. Belajar Mengontrol Diri

Kemampuan anak untuk mengatur emosi dan perilaku saat mengikuti playgroup akan lebih bagus bagi masa depan mereka ketimbang hanya mengandalkan IQ. Kontrol diri ini bisa diajarkan melalui rutinitas serta memberikan anak tanggung jawab. Selain itu, pengaturan diri juga dapat diajarkan dengan memberikan kesempatan mereka untuk memilih dan lebih mandiri. 

7. Belajar mengenal konsep ilmiah

Melalui kelompok bermain anak-anak sudah bisa mulai mengenal konsep pemikiran ilmiah seperti bagaimana dunia bekerja secara sederhana. Guru bisa mendorong anak untuk mengajukan pertanyaan dan mengeksplorasi lingkungan mereka. Mereka juga bisa mulai belajar melakukan observasi dan menarik kesimpulan dari fakta alam yang ada. 

8. Belajar mengenal konsep sosial

Anak-anak harus didorong untuk berpikir tentang diri mereka sendiri, komunitas mereka, keluarga. Ini bisa dipelajari dengan melibatkan mereka dalam kegiatan yang membandingkan diri mereka dengan orang lain, perbedaan antar orang dan keluarga.

9. Belajar sesuai dengan standar masing-masing negara

Masing-masing negara sudah menerapkan standar pembelajaran anak di playgroup. Standar pembelajaran playgroup disesuaikan dengan keterampilan dan pengetahuan anak-anak. Guru-guru dan anda bisa mempelajari lewat buku, atau internet. 

10. Belajar itu menyenangkan

Ya, dalam playgroup suasana belajar berada dalam lingkungan yang menyenangkan dan lebih interaktif. Cara seperti ini harus dimulai dari sekarang agar anak terbiasa untuk belajar dan tidak merasa bosan. 

 

Reporter : Umi Lailatul
Redaktur : Yudha Manggala P Putra
Laknat Allah bagi penyuap dan yang menerima suap((HR Ahmad, Abu Dawud dan at-Tirmidzi))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Sekilas Cerita Tugas Seorang Ketua MPR RI
 JAKARTA -- Dalam pembukaan Indonesia International Halal Expo (INDHEX) 2014, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Zulkifli Hasan sempat sedikit bercerita tugas ketua MPR...