Sabtu, 7 Safar 1436 / 29 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Hati-hati Bertengkar di Depan Bayi

Jumat, 20 Juli 2012, 19:01 WIB
Komentar : 0
www.sleep-aid-center.com
Bayi (ilustrasi)
Bayi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Orangtua sebaiknya lebih berhati-hati dalam berbicara ataupun bertengkar di depan bayi mereka. Sebuah penelitian mendapati kalau anak usia 9 bulan pun ternyata sudah bisa mengerti pembicaraan manusia. 

"Ucapan burung dan manusia itu berbeda; dan bayi bisa mengenalinya," kata Peneliti dari Universitas New York, Profesor Athena Vouloumanos, seperti dikutip Daily Mail. 

Penelitiannya menunjukkan persepsi komunikasi bayi sangat fleksibel dan kuat sehingga pada usia dini, bayi sudah bisa mengenali dan mengerti pembicaraan seseorang. Penelitian ini juga menunjukkan bayi bisa membedakan suara manusia dan tiruannya. 

Penelitian tersebut mengambil contoh anak usia 9 bulan. Dia merespon suara burung parkit dan manusia dengan pengucapan kata-kata dalam bahasa tutur, di antaranya kata truck, dinner, dan two dan non tutur seperti bersiul dan bersendawa. 

Penelitian juga dilengkapi dengan sejumlah gambar benda, wajah manusia dan cangkir. Hasilnya menunjukkan bahwa bayi lebih mendengarkan tutur kata yang diucapkan manusia ketimbang parkit.

Namun jika disejajarkan dengan gambar, bayi tersebut lebih memilih mendengarkan percakapan parkit ketimbang manusia.  

Meskipun begitu hasil tersebut belum tentu sama jika dilakukan dengan media dan alat yang berbeda. 

Redaktur : Yudha Manggala P Putra
Sumber : Antara
Dan dirikanlah shalat dan tunaikan zakat. Dan apa-apa yang kamu usahakan dari kebaikan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan. (QS.Al-Baqarah [2]:110)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Menang Besar Garuda Tetap Tersingkir, 'Sakitnya tuh Disini'
HANOI -- Meski menang besar atas Laos (5-1), Indonesia tetap tak lolos ke babak semifinal Piala AFF 2014. Hal ini lantaran Vietnam berhasil...