Thursday, 2 Zulqaidah 1435 / 28 August 2014
find us on : 
  Login |  Register

Orang Tua Diminta Lestarikan Tradisi Mendongeng

Tuesday, 17 July 2012, 15:52 WIB
Komentar : 0
Corbis.com
Aktivitas mendongeng dan membaca ialah bentuk pengasuhan berkualitas untuk membentuk perkembangan anak (Ilustrasi)
Aktivitas mendongeng dan membaca ialah bentuk pengasuhan berkualitas untuk membentuk perkembangan anak (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUTA -- Sekarang ini, sedikit orang tua yang membacakan cerita dongeng kepada anak-anaknya. Untuk itu, sebagai upaya melestarikan tradisi mendongeng, para orang tua dianjurkan meluangkan waktu untuk berbagi cerita kepada buah hatinya.

Pemimpin Kelompok Pencinta Bacaan Anak (KPBA), Murti Bunanta, menyarankan para orang tua untuk banyak membaca buku agar tidak kesulitan mendapatkan bahan cerita. Menurutnya, saat ini sebagian besar orang tua sangat jarang menyempatkan diri untuk bercerita dengan anak-anaknya.

Padahal, mendongeng merupakan salah satu cara untuk lebih mendekatkan orang tua dengan anaknya agar terjalin komunikasi yang intensif. "Selain itu orang tua dapat dengan mudah membahas permasalahan yang terjadi dengan anaknya karena kedekatan tersebut," ucapnya.

Murti menambahkan, manfaat lain yang dapat dirasakan dengan mendongeng adalah orang tua dapat dengan mudah menanamkan nilai-nilai moral sesuai dengan cerita. "Orang tua juga dapat mengajarkan anak untuk belajar menyimak dan berkonsentrasi dengan baik," katanya mengakhiri.

Redaktur : Karta Raharja Ucu
Sumber : Antara
Apabila Allah memberikan kenikmatan kepada seseorang hendaknya dia pergunakan pertama kali untuk dirinya dan keluarganya.((HR. Muslim))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar