Kamis, 29 Zulhijjah 1435 / 23 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Bosan Mendongeng untuk Si Kecil? Ini Dia Solusinya

Selasa, 12 Juni 2012, 10:08 WIB
Komentar : 1
Corbis.com
Aktivitas mendongeng dan membaca ialah bentuk pengasuhan berkualitas untuk membentuk perkembangan anak (Ilustrasi)
Aktivitas mendongeng dan membaca ialah bentuk pengasuhan berkualitas untuk membentuk perkembangan anak (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Bercerita adalah salah satu metode pembelajaran yang paling efektif pada anak usia dini. Tingkah laku dan moral anak dapat dibentuk melalui cerita-cerita yang kita karang sendiri berkenaan dengan diri anak. Namun, tak urung ada waktunya orangtua pun terkadang merasa lelah dan bosan melakoni aktivitas ini setiap hari.

Bagi Elly Risman Musa, seorang pakar parenting, inilah perlunya kerja sama yang baik antara ayah dan ibu. Jika pada malam hari Ibu lelah sekali, Ibu dapat bekerja sama dengan Ayah. Minta tolong pada Ayah untuk menjaga anak-anak pada saat Ibu mengantuk.

''Tidurlah 30 menit dan minta Ayah untuk menggantikan posisi Ibu bercerita atau menemani mereka belajar,'' ujar Elly dalam satu konsultasi.

Seharian bekerja di kantor atau seharian bekerja mengurus anak dan rumah memang melelahkan. ''Jika ada komunikasi dan niat lurus dalam mengasuh anak, Ayah dan Ibu harus saling mengisi dan membantu dalam pengasuhan,'' lanjutnya.

Menurut Elly, ada baiknya untuk membuat jadwal bercerita antara Ayah dan Ibu. Kapan Ayah pulang malam dan tidak dapat terlibat. Mungkin Ayah dapat giliran pada hari Jumat, Sabtu, dan Ahad. Hal ini akan mengeratkan hubungan antara Ayah dan anak anak. Anak juga mendapat variasi cerita dan wawasan yang berbeda.

Cerita-cerita Ayah mungkin lebih heroik karena Ayah lebih suka petualangan. Selain itu jenis buku yang dibaca oleh Ibu dan Ayah berbeda. ''Dengan demikian anak akan memiliki berbagai kemampuan ekspresi macam-macam emosi dari cerita yang diberikan,'' papar Elly.

Redaktur : Endah Hapsari
Sumber : konsultasi
Barang siapa yang memerhatikan kepentingan saudaranya, maka Allah akan memperhatikan kepentingannya. Dan barangsiapa yang menutupi kejelekan orang lain maka Allah akan menutupi kejelekannya di hari kiamat. ((HR Bukhari-Muslim))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Kejutan 'Matchday' Tiga Liga Champion Eropa
JAKARTA -- Real Madrid berhasil menumbangkan Liverpool di Anfield, Kamis (23/10) dini hari WIB. Ronaldo cs berhasil memberondong tiga gol tanpa balas ke...