Ahad , 05 Juli 2015, 08:33 WIB

Black Garlic Sajikan Variasi Menu Barat, Asia, dan Indonesia

Red: Indira Rezkisari
Republika/Wihdan Hidayat
Black Garlic menyasar keluarga muda atau siapapun yang ingin memasak sendiri makanannya, namun terkendala waktu berbelanja atau tidak memiliki cukup waktu untuk meracik makanan dari awal.
Black Garlic menyasar keluarga muda atau siapapun yang ingin memasak sendiri makanannya, namun terkendala waktu berbelanja atau tidak memiliki cukup waktu untuk meracik makanan dari awal.

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap pekannya, Black Garlic mengganti menunya. Layanan jasa antar bahan segar beserta panduan memasaknya itu mengkombinasikan makanan barat dan Indonesia juga Asia dalam setiap kotaknya.

Chief Production Officer Black Garlic, Olivia Wongso, mengatakan variasi menu itu dilakukan supaya pembeli tidak bosan. Khusus di bulan Ramadhan, menu lebih difokuskan ke makanan Nusantara.

Seluruh menu dipilih dan diracik oleh kru Black Garlic. Tapi sebelum akhirnya dikeluarkan ke pasaran, pakar kuliner William Wongso harus menyetujuinya dulu.

William mengatakan, Black Garlic merupakan pilihan bagi banyak keluarga yang ingin memasak tapi tidak punya waktu berbelanja atau kesulitan mencari resep yang sesuai. "Juga menurut saya ini menghemat membuang bahan baku yang kadang hanya digunakan sebagaian, lalu disimpan di kulkas dan akhirnya busuk. Saya saja mengalami keadaan itu, cuma butuh brokoli sedikit, sisanya disimpan di kulkas karena sibuk akhirnya sisa brokoli tidak terpakai dan harus dibuang," ujarnya.

Black Garlic menyajikan setiap menu dengan bahan segar yang tertakar demi menghindari kemubaziran. Satu kotak Black Garlic berisi tiga menu, yang setiap menunya bisa dimakan dua sampai tiga orang. Harga satu kotak tersebut ada di kisaran Rp 300 ribu. Untuk tiga makanan yang bisa dimakanan dua sampai tiga orang per menunya, Olivia mengatakan artinya setiap orang hanya mengeluarkan kurang lebih Rp 40 ribu untuk setiap menu yang disantapnya.

Kotak Black Garlic juga diantarkan ke rumah dan dilengkapi dengan ice gel untuk menjaga kesegaran bahan makanan. Pemesannya dilakukan secara online di www.blackgarlic.id.

Apa saja menu yang ditawarkan Black Garlic? Untuk pekan ini, seperti tertera dalam situsnya, kotak Black Garlic akan mengantarkan szechuan pepper chicken, nasi kebuli kambing dan asinan buah, serta sambel goreng ati dan sayur lodeh.

Di luar itu Black Garlic memiliki menu soto betawi, gyu don, ayam iloni dengan tumis kecipir, atau ayam kecombrang. Juga tersedia menu selat solo komplit serta rawon.

Inspirasi menu banyak didapat dari hasil diskusi dengan pelanggan. William Wongso, dikatakan Olivia, juga banyak memberi masukan dalam hal menu dan resep.

"Yang pasti bahan segar yang kami antarkan berkualitas baik dan sepenuhnya menggunakan bahan-bahan lokal," ujarnya.

Kotak Black Garlic akan menyajikan sebuah hidangan komplit. Pembelinya bahkan tidak perlu membeli tambahan bahan masakan apa pun untuk meracik hidangan Black Garlic, kecuali pada beberapa menu yang membutuhkan gula dan lada. Menu gyu don misalnya yang membutuhkan nasi, akan tersedia pula dengan beras dan minyak untuk menumisnya.

Setelah menerima kotak Black Garlic, bahan-bahan segar tersebut harus disimpan di kulkas dan bertahan dalam waktu lima hari. Olivia mengatakan, artinya tiga menu tadi dapat dimasak untuk tiga kali sahur. Atau tiga makan siang, atau bahkan untuk makan dari sarapan sampai makan malam.