Sabtu, 23 Februari 2013, 07:03 WIB

Jangan Buang Dulu Ampas Kopi Anda, Kenapa? (1)

Rep: Niken Paramita Wulansari/ Red: Dewi Mardiani
WALLCO
Secangkir kopi panas (ilustrasi)
Secangkir kopi panas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Anda penikmat setia kopi? Aromanya yang khas, warnanya yang pekat dan segudang manfaatnya memang membuat kopi disukai banyak orang. Setelah meminum kopi Anda sebaiknya jangan terburu-buru untuk membuang ampasnya. Karena, ampas seduhannya tetap bisa dimanfaatkan. Yuk, intip apa saja manfaat ampas si hitam beraroma segar ini.

1. Menghilangkan Bau Amis

Tangan yang amis setelah makan ikan ataupun makanan beraroma menyengat terkadang susah hilang. Gunakan ampas kopi untuk menghilangkan aroma amis tersebut. Caranya, gosok-gosoklah tangan menggunakan ampas kopi. Kemudian cuci menggunakan sabun dan bilas hingga bersih.

2. Mengharumkan Kulkas

Letakkan ampas kopi dalam kantong kain untuk mencegah aroma tidak sedap dalam lemari es. Anda juga dapat menggunakan kantong bubuk kopi dalam mobil Anda jika muncul aroma tak sedap.

3. Menghilangkan Aroma Tak Sedap Pada Sepatu

Sepatu tertutup yang setiap hari digunakan juga dapat menimbulkan bau tak sedap. Untuk mengurangi bau tersebut, masukkan ampas kopi kering dalam kantong kain, kemudian letakkan pada bagian dalam sepatu saat tidak digunakan. Gantilah kantong bubuk kopi ini setiap tiga hari sekali. Jangan lupa juga mengganti kaus kaki setiap hari dan gunakan saat kaki dalam kondisi kering. Usahakan menggunakan sepatu secara bergantian karena sepatu juga butuh istirahat.

Sumber : loveindonesia.com