Wednesday, 28 Zulhijjah 1435 / 22 October 2014
find us on : 
  Login |  Register

Ini Dia Masakan Bebas Stres, Begini Resepnya

Tuesday, 03 July 2012, 14:04 WIB
Komentar : 1
kitchendaily.com
Loaf ikan dan sayuran/ilustrasi
Loaf ikan dan sayuran/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Makanan bebas stres adalah aneka jenis makanan yang mampu meredam ketegangan. Menurut dr Sonia Wibisono, untuk meredam ketegangan perlu memilih jenis makanan yang membakar energi secara perlahan. Makanan tersebut memberi pasokan energi bagi tubuh dalam waktu panjang dan membuat tidak mudah lapar.

Dalam buku Resep Sehat dan Lezat Antistres yang juga ditulis oleh dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu, salah satu resep yang ditampilkan adalah loaf ikan isi sayuran. Makanan yang dimasak secara kukus ini dibuat dari ikan dan sayur-sayuran. Bukan hanya mudah, loaf ikan isi sayuran bergizi serta mengandung nutrisi antistres dari wortel dan kacang polong. Sekaligus protein rendah lemak dari ikan.

Campuran roti gandum menjadikan menu ini mengandung karbohidrat kompleks. Buat perempuan, karbohidrat kompleks meningkatkan hormon serotonin hingga mampu memperbaiki mood menjelang datang bulan. Silakan mengganti kacang polong dengan potongan asparagus segar. Sayur yang satu ini berkadar kalori rendah dan berserat tinggi. Vitamin A, C, dan K dari asparagus baik untuk melawan radikal bebas. Berikut adalah resepnya:

Bahan:
200 gr daging ikan kakap
1 lembar roti gandum
1 butir telur ayam
100 gr wortel potong dadu
100 gr kacang polong
1 sdm kecap ikan

Bumbu halus:
2 siung bawang putih
Garam dan lada, secukupnya
1 iris kecil jahe

Cara membuat :
- Blender ikan bersama roti gandum dan telur, angkat.
- Campur adonan ikan dengan wortel, kacang polong, kecap ikan, dan bumbu halus. Aduk rata.
- Ambil cetakan loaf, olesi dengan sedikit margarin.
- Masukkan adonan ikan dalam cetakan.
- Kukus hingga matang, angkat.
- Setelah dingin, iris-iris. Sajikan.


Reporter : indira rezkisari
Redaktur : Endah Hapsari
Jauhkanlah diri kamu daripada sangka (jahat) karena sangka (jahat) itu sedusta-dusta omongan, (hati)(HR Muttafaq Alaih )
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Jika Diperlukan Dalam Kabinet Jokowi, Ini Sikap Muhammadiyah
JAKARTA --  Ketua Umum Muhammadiyah mengharapkan presiden Joko Widodo dan kabinetnya bisa menjalankan amanah dan tunaikan janji yang disampaikan pada kampanye lalu. Untuk siapa...