Tuesday, 2 Syawwal 1435 / 29 July 2014
find us on : 
  Login |  Register

Mau Bikin Sup Sehat? Begini Cara yang Tepat

Monday, 02 July 2012, 13:07 WIB
Komentar : 0
vincesmarket.ca
Sup
Sup

REPUBLIKA.CO.ID, Sup adalah makanan sehari-hari yang mudah dibuat dan menyehatkan. Namun, jangan anggap remeh masakan satu ini lantaran ternyata tak mudah untuk membuat sup yang lezat sekaligus sehat.

Untuk mendapatkan cita rasa sup yang lezat, menurut Chef Karen Carlotta, amat bergantung pada kaldu yang digunakan. ''Kita harus memastikan kualitas kaldu di dalamnya,'' ujarnya.. 

Menghangatkan sup, menurut Emilia Achmadi, seorang coach kesehatan, tidaklah ideal. ''Pemanasan di atas 80 derajat Celsius mengakibatkan vitaminnya akan hilang,'' katanya. Trik bagi ibu rumah tangga, ia menyarankan membagi kuah sup dalam bebeberapa wadah sesuai kebutuhan keluarga untuk sekali makan. Kuah sup disimpan dalam lemari pendingin. Saat akan dimakan, baru hangatkan kuah dan dimasukkan sayuran segar.

Cara lain, Karen, menyarankan penggunaan  bouillon .  Bouillon dalam bahasa Prancis berarti makanan cair bergizi yang terbuat dari daging/tulang sapi atau ayam yang direbus dicampur dengan sayuran dan bumbu. Bouillon adalah kaldu dasar.

Cara membuat  bouillon dengan hasil maksimal adalah dengan memanggang daging/tulang sapi atau ayam sampai kecokelatan kemudian direbus dengan rempah-rempah selama kurang lebih enam jam. Jangka waktu merebus menentukan kekentalan kaldu. ''Kaldu  yang kental dapat ditambahkan ke dalam air mendidih untuk membuat sup,'' kata Karen. Misalkan, 500 ml air mendidih dengan 500 ml bouillon dapat menghasilkan 1 liter kaldu ayam/sapi.

Reporter : Nina Chairani
Redaktur : Endah Hapsari
Janganlah kalian membenci ayah-ayah kalian. Barang siapa yang membenci ayahnya berarti ia kafir.(HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Jadi Khatib Shalat Ied, Teuku Wisnu: Awalnya Saya Mau Mundur
 JAKARTA -- Teuku Wisnu bertindak menjadi Khatib pada Salat Ied di Masjid Lautze, Senin (28/7). Ini merupakan kali pertama Ia melakukannya. Wisnu sendiri sempat...