Thursday, 8 Zulhijjah 1435 / 02 October 2014
find us on : 
  Login |  Register

Bikin Bakso Sendiri Yuk, Ini Dia Resepnya

Thursday, 09 February 2012, 09:02 WIB
Komentar : 1
natural cooking club
bakso sapi
bakso sapi

REPUBLIKA.CO.ID,Bila khawatir mengonsumsi bakso yang beredar di pasaran lantaran cemas dengan kandungan formalin atau boraks, coba deh bikin bakso sendiri. Lebih hemat, lebih sehat. Simak yuk caranya:

Bahan-bahan :
Daging sapi segar        1 kg
Es / air es              200-300 gram
Garam                    30 gram
Tapioka                  100-300 gram
Bawang putih             2 siung (sesuai selera)
Merica                   1 sdt (sesuai selera)
STTP (jika diperlukan)   3 gram (0,2%)
 
Alat yang dibutuhkan :
Pisau
Talenan
Gilingan daging (food processor)
Sendok
Pencetak bakso
Saringan / serokan
Panci
Wadah / baskom
Kompor
 
Cara membuat :
Giling daging terlebih dahulu, campur gilingan daging dengan garam, es (dan STTP). Pencampuran bumbu beserta bahan pengisi (tepung tapioka, bawang dan merica) ini dilakukan bersamaan dengan penggilingan daging. Setelah tercampur jadi satu, cetak bakso dengan ukuran bulatan sesuai selera.
 
Masukkan hasil cetakkan, menggunakan tangan atau sendok ke dalam air panas 50-60 derajat celcius. Setelah semua bahan bakso dijadikan butiran dan dimasukkan kedalam panci tempat merebus, diamkan selama 10 menit. Perebusan dilakukan dalam air suhu 100 derajat Celcius, selama sepuluh menit. Ketika butiran telah mengambang, angkat menggunakan serokan secara perlahan, tiriskan.


Reporter : nawang fatma putri
Redaktur : Endah Hapsari
Tahukah engkau apa yang menghancurkan Islam?” Ia (Ziyad) berkata, aku menjawab, “Tidak tahu.” Umar bin Khattab RA berkata, “Yang menghancurkan Islam adalah penyimpangan orang berilmu, bantahan orang munafik terhadap Alquran, dan hukum (keputusan) para pemimpin yang menyesatkan.”(Riwayat Ad-Darimi, dan berkata Syaikh Husain Asad: isnadnya shahih))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ingin Atur Keuangan? Beli Jam Ini
JAKARTA -- Smartwatch dikenal bukan hanya memberikan informasi waktu, tapi juga memonitori aktivitas harian. Kini hadir Cash Smartwatch yang akan memonitori hal penting...