Tuesday, 27 Zulhijjah 1435 / 21 October 2014
find us on : 
  Login |  Register

Cara Membuat Tepung Ubi Jalar

Friday, 29 July 2011, 14:16 WIB
Komentar : 3
Indira Rezkisari/Republika
Ubi jalar
Ubi jalar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -  Ubi jalar, ada banyak di sekitar kita. Sumber karbohidrat ini, bisa juga dibuat bermacam-macam kue yang manis dan lezat.

Cara memanfaatkan ubi jalar untuk dijadikan makanan ini pun beragam. Salah satunya, dijadikan tepung.

Dengan dijadikan tepung, ubi jalar bisa dibuat menjadi makanan yang lebih banyak macamnya. Tepung ubi jalar, teksturnya mirip dengan tepung terigu, sehingga banyak makanan yang biasanya dibuat dari terigu, kini bisa diganti dengan tepung ubi jalar.

Dengan penggantian ini, berarti kita bisa lebih dengan mudah mendapatkannya. Seperti kita tahu, terigu semuanya yang ada di Indonesia itu diimpor dari luar negeri semua. Dengan adanya tepung ubi jalar, kita bisa membuatnya sendiri, dan bahan untuk membuatnya bisa ditanam di negeri sendiri, tak perlu impor lagi.

Untuk membuat tepung ubi jalar sendiri, tak terlalu sulit. Pada dasarnya hampir sama dengan pembuatan tepung tapioka, yang didapat dari singkong.

Tepung ubi jalar, diperoleh dari pati ubi jalar yang telah diparut. Pati ini kemudian dikeringkan, dan didapatlah tepung yang bisa digunakan untuk membuat berbagai macam makanan.

Bahan untuk membuatnya hanya ubi jalar dan air. Untuk membuat tepung ubi jalar, menurut Ratih Suratih, dari Masyarakat Mandiri Dompet Dhuafa, menjelaskan pada dasarnya smeua ubi jalar bisa dijadikan tepung. “Tapi yang paling bagus yang putih, dibanding yang kuning atau ungu,” ujaranya pada Republika, Kamis (21/7).

Tepung ubi jalar juga menurutnya yang paling mudah dibuat juga dari ubi jalar putih. “Karena jumlahnya lebih banyak, lebih mudah mencarinya,” ujarnya.

Tepung ini, tambahnya, di warung-warung belum ada, belum dijual dengan bebas ke masyarakat. “Tapi gampang kok kalau mau bikin sendiri,” ujarnya.

Caranya :

  • Ubi dikupas dan kemudian dicuci hingga bersih
  • Ubi jalar diparut halus, hingga membantuk seperti bubur.
  • Tambahkan air dengan perbandingan ubi jalar : air adalah 1:2.
  • Setelah itu, bubur disaring dengan menggunakan kain. Bubur ubi jalar diperas hingga sari patinya keluar, dan hanya terrtinggal serat0sertanya di dalam kain.
  • Biarkan saripati itu mengendap. Kira-kira tunggu sampai 12 jam.
  • Cairan di atas endapana dibuang, kemudian endapan yang berupa pasta dijemur, bisa menggunakan tampah saat menjemurnya.
  • Hasilnya? Tepung ubi jalar yang bertekstur agak kasar. Apabila kita ingin lebih halus, bisa dihaluskan menggunakan mesin selep, ataupun blender.
  • Setelah menjadi tepung, tepung ubi jalar bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama. Bisa digunakan untuk membuat kue muffin, yang bisa tahan selama seminggu, juga makanan asin seperti sosis solo, dan lain sebagainya.
Redaktur : Siwi Tri Puji B
Sumber : c05
Seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW Islam manakah yang paling baik? Rasulullah bersabda: Memberikan makanan, mengucap salam kepada orang yang engkau kenal dan yang tidak engkau kenal. (HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Konversi Minyak ke Gas, Bisakah?
JAKARTA -- Konversi minyak ke gas bisa menjadi cara pemerintah untuk mengurangi konsumsi BBM di Indonesia. Pelaksana tugas Direktur Utama Pertamina Muhamad Husen...