Senin, 6 Ramadhan 1439 / 21 Mei 2018

Senin, 6 Ramadhan 1439 / 21 Mei 2018

Hipertensi dan Umur Ternyata Berkaitan Erat

Rabu 16 Mei 2018 21:03 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Foto: torange
Semakin tua seseorang, semakin berisiko terkena hipertensi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ternyata tekanan darah tinggi (hipertensi) memiliki kaitan erat dengan umur. Semakin tua usia seseorang, maka ia semakin berisiko terkena penyakit tidak menular (PTM) ini.

Dokter spesialis penyakit dalam, Prof Suhadjono mengakui, saat ini penderita hipertensi di dunia sekitar 1 miliar orang. Menariknya, ada hubungan antara umur dan penyakit tekanan darah ini.

"Semakin tinggi usianya yaitu 60 tahun ke atas maka semakin banyak yang alami hipertensi,"katanya saat press briefing hipertensi 2018, di Jakarta, Rabu (16/5).

Bahkan, kata dia, pada usia 40 tahun ke atas dan semakin bertambah usianya maka semakin bertambah kemungkinan hipertensi. Sedangkan pada kaum dewasa muda, kata dia, jarang menderita penyakit ini yaitu tekanan darahnya kurang dari 120/80 mmHg atau kurang dari 120 mmHg tekanan darah sistolik dan kurang dari 80 mmHg tekanan darah diastolik.

"Apalagi, jika individu ini masih sebelum 30 tahun dan tidak ada faktor kegemukan," ujarnya.

Jadi, kata dia, jika ada seseorang dengan usia kurang dari 30 tahun dan menderita hipertensi maka harus dicari tahu penyebabnya. Ini karena hipertensi bisa disebabkan genetik atau penyakit bawaan keturunan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES