Friday, 10 Ramadhan 1439 / 25 May 2018

Friday, 10 Ramadhan 1439 / 25 May 2018

Demi Kesehatan, Hindari Kegiatan Ini Menjelang Tidur

Selasa 08 May 2018 07:50 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Yudha Manggala P Putra

Pria tertidur/ilustrasi

Pria tertidur/ilustrasi

Foto: pixabay
Menghindari beberapa kegiatan ini untuk menjaga kualitas tidur Anda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidur nyenyak adalah dambaan hampir semua orang. Tapi tahukah anda ternyata ada sejumlah kegiatan yang harus dihindari ketika mendekati waktu tidur.

Selain tidak boleh dilakukan karena alasan kesehatan, larangan tersebut juga demi menjaga kualitas tidur anda. Dilansir dari Reader's Digest, inilah kegiatan-kegiatan yang sebaiknya tidak dilakukan menjelang tidur.

1. Makan banyak

Makan saat tengah malam bisa jadi kegiatan yang menyenangkan. Namun perlu diingat sistem pencernaan kita tidak boleh dipaksa bekerja keras di waktu tidur hanya karena anda tidak bisa mengontrol nafsu makan. Robert S. Rosenberg, praktisi tidur dan penulis The Doctor's Guide to Sleep Solutions for Stress and Anxiety, menerangkan aktivitas pencernaan ada pada fase terendah saat kita tidur.

Mark Buchfurer selaku Direktur Medis di The Comperehensive Sleep Center Samaritan Hospital Los Angeles mengatakan jika anda merasa lapar menjelang tidur, makanlah dalam porsi yang sedikit. Mereka yang punya masalah kandung kemih atau prostat disarankan menghindari minum banyak setelah makan malam.

2. Merokok

Kebiasaan merokok sudah dikenal luas punya efek buruk terhadap kesehatan. Karena dampak buruk inilah siapapun disarankan menghindari rokok saat akan tidur. Kandungan nikotin yang terdapat pada rokok akan menyulitkan seseorang tidur nyenyak. "Nikotin menstimulasi produksi asetilkolin yang membuat orang tetap terjaga," jelas Rosenberg.

3. Menonton film heboh

Menonton film sebagai pelepas penat di malam hari adalah ide yang baik. Namun hendaknya kita cermat memilih genre film yang akan ditonton menjelang tidur. Film horor atau thriller yang menampilkan adegan-adegan mengejutkan sebaiknya dihindari.

Film-film tersebut akan menaikkan hormon kortisol yang dapat memicu stres. Akibatnya setelah menonton film itu kita akan jadi susah tidur. "Satu jam sebelum tidur cobalah untuk tidak menonton film horor, laga, thriller, atau bermain gim," saran Buchfuhrer. Menurutnya lebih baik menonton film-film menenangkan atau dokomenter saat menjelang waktu tidur.

4. Menggunakan perangkat elektronik

Perangkat elektronik seperti komputer, laptop, ponsel, dan perangkat lain yang memancarkan sinar biru sebaiknya dijauhkan menjelang tidur. "Sinar biru yang mengarah ke retina akan menurunkan produksi melatonin yang berfungsi membuat kita tidur. Sinar biru tak hanya membuat kita susah tidur tapi juga membuat kita tetap mengantuk saat bangun di pagi hari," kata Rosenberg.

Alih-alih mengoperasikan perangkat elektronik, lebih baik kita membaca buku, bermeditasi, atau berdoa menjelang tidur. Biasakan aktivitas ini selama tiga pekan dan anda akan menjadoi orang yang mudah tidur nyenyak walau tidak ditemani televisi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA