Selasa, 8 Sya'ban 1439 / 24 April 2018

Selasa, 8 Sya'ban 1439 / 24 April 2018

Diet? Yuk Coba Menu Sarapan Ini

Rabu 10 Januari 2018 07:55 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Yudha Manggala P Putra

Ilustrasi.

Ilustrasi.

Foto: ABC

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kegemukan tidak hanya soal merusak penampilan, namun juga berdampak buruk bagi kesehatan. Selain faktor keturunan, kegemukan juga disebabkan gaya hidup yang tidak sehat.

Anda yang bertekad menurunkan bobot tubuh, salah satu cara yang disarankan ahli gizi adalah mengatur menu sarapan. Sarapan adalah asupan pertama yang diterima tubuh setelah beristirahat sepanjang malam,. Maka menu dan jenis bahan makanan yang dicerna di pagi hari dapat berpengaruh pula pada asupan makanan selanjutnya.

Seperti dilansir Times of India, mulailah untuk memodifikasi sarapan dengan bahan makanan sehat yang terdiri dari percampuran tepat asupan yang diperlukan tubuh, salah satunya karbohidrat. Banyak orang yang melakukan kesalahan saat menjalankan program diet, salah satunya adalah menghindari mengonsumsi nasi. Nyatanya, karbohidrat dalam nasi sangat penting untuk mengawali hari dengan segudang aktivitas yang padat.

Selanjutnya, jangan melewatkan makan siang. Makan siang dianggap berperan penting untuk menjaga stamina tubuh agar dapat melanjutkan aktivitas kembali. Melewatkan makan siang, bukan hanya dapat menyebabkan anda mudah lelah, namun stamina anda akan berkurang karena habisnya sumber energi yang telah terkuras setelah setengah hari bekerja.

Protein menjadi salah satu zat yang berperan penting dalam penurunan berat badan. Cara mudah untuk membuat menu makanan yang kaya protein adalah olahan telur gulung yang dilengkapi dengan sayuran warna-warni. Selain mudah dibuat, telur gulung atau omelet juga kerap dijadikan salah satu makanan saat menjalankan program diet karena kandungan lemaknya yang sedikit.

Protein juga dapat didapatkan dari biji gandum, bahkan dianggap lebih sehat karena rendah kalori. Untuk menikmati sajian biji gandum, anda dapat mencampurkan beberapa jenis sayuran, kacang-kacangan atau buah.

Bukan hanya digunakan sebagai bahan makanan saat menjalani program diet, gandum juga sangat bermanfaat untuk menurunkan resiko kolesterol atau penumpukkan lemak jenuh, sehingga bukan hanya tubuh ideal yang akan anda dapatkan, tapi juga tubuh yang sehat.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA