Kamis 28 Dec 2017 11:59 WIB

Diet Air tidak Baik Bagi Kesehatan, Apa Alasannya?

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nur Aini
Meminum air (ilustrasi).
Foto: extension.usu.edu
Meminum air (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Banyak orang melakukan sesuatu untuk menyambut tahun baru. Salah satunya melakukan diet agar tampil lebih percaya diri di tahun yang baru.

Sebelum memilih jenis diet apa yang akan dilakukan. Tahukah Anda bahwa diet jenis puasa air tidak bagus untuk kesehatan?.

Fox News menuliskan pada Kamis(28/12), puasa air atau tidak memakan apa-apa selain air selama beberapa hari atau beberapa pekan sekaligus akan menyebabkan kelaparan dan tidak memiliki manfaat, air tidak mengandung kalori.

Air juga hanya memiliki vitamindan kadar mineral yang sangat rendah. Dalam periode singkat di mana tidak ada kalori yang dikonsumsi akan membuat tubuh kehilangan berat badan.

Namun setelah 24 sampai 48 jampertama tanpa kalori, glikogen di otot akan terkuras. Seiringnya waktu, tingkat metabolisme akan lambat untuk mengatasi kekurangan kalori. Ada tekanan yang meningkat pada sel dan organ tubuh agar berfungsi tanpa kalori untuk beroperasi secara optimal.

Efek puasa air juga menyebabkan kelelahan, kelaparan, ketidakmampuan untuk berkonsentrasi dan lesu. Diet ini sangat berbahaya bagi mereka yang menderita diabetes tipe 2, resistensi insulin, hiploglikemia, tolerasi glukosa, serta berbagai kondisi media yangmemerlukan pengobatan spesifik. Mereka bisa pingsan, detak jantung tidak teratur, pusing, dan bingung. Karena alasan inilah, sebaikanya konsultasikan sebelum memulai diet apapun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement