Senin, 13 Ramadhan 1439 / 28 Mei 2018

Senin, 13 Ramadhan 1439 / 28 Mei 2018

Ini 10 Pertanyaan Kesehatan Paling Dicari Selama 2017

Kamis 21 Desember 2017 11:34 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

diet keto

diet keto

Foto: republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian besar orang menggunakan pencarian Google untuk bisa menemukan jawaban yang dipertanyakan. Ada banyak hal yang bisa ditemukan melalui mesin pencarian ini, termasuk soal kesehatan.

Banyak orang yang beralih ke 'DR Google' untuk mempertanyakan perihal kesehatan, dan kini pencarian populer seputar kesehatan telah dirangkum, terdapat 10 pertanyaan paling populer, yang dilansir dari laman Daily Mail, Kamis (21/12).

1. Apa itu diet keto?

Diet ketogenik adalah diet rendah karbohidrat, di mana tubuh memproduksi keton di hati untuk digunakan sebagai energi. Ini juga dikenal sebagai low-carb high-fat (LCHF) dan yang paling terkenal adalah Paleo dan Atkins.

Daging, ikan, unggas dan telur semuanya diperbolehkan, seperti sayuran non-zat tepung dan sayuran hijau. Susu, organik, lemak penuh dianjurkan untuk keto. Ini melibatkan pembatasan gula tambahan dan karbohidrat putih, dan hanya sejumlah kecil buah diperbolehkan.

 

2. Apa itu CTE

Banyak mantan pemain National Football League (NFL), salah satu olah raga paling digemari di Amerika Serikat, telah didiagnosis menderita Chronic traumatic encephalopathy (CTE).

Ini adalah penyakit otak degeneratif yang disebabkan oleh serangan berulang ke kepala yang mengakibatkan kebingungan, depresi, demensia, agresi dan pikiran untuk bunuh diri. Pekan lalu mantan pemain NFL Larry Johnson mengatakan ia yakin menderita CTE.

 

3. Apa itu kecanduan opioid?

'Apa itu kecanduan opioid?' adalah salah satu topik kesehatan 'paling-Googled', dengan minat yang meningkat seiring dengan epidemi Amerika yang menjadi berita utama di Oktober.

Presiden Donald Trump telah menyatakan epidemi tersebut sebagai keadaan darurat nasional, karena 2,4 juta orang Amerika diperkirakan kecanduan opiat, narkotika yang mencakup resep obat penghilang rasa sakit seperti morfin dan fentanil, serta heroin.

Krisis tersebut dilaporkan menewaskan 90 warga Amerika setiap hari. Kematian akibat overdosis sekarang menjadi penyebab utama kematian di kalangan orang muda Amerika, membunuh lebih banyak dalam setahun daripada HIV, kekerasan, senjata atau kecelakaan mobil.

 

4. Apa itu lupus?

Istilah pencarian populer lainnya adalah 'apa itu Lupus?'. Selena Gomez kemungkinan telah mendorong minat ini, setelah penyanyi AS tersebut mengungkapkan bahwa ia telah bertarung selama dua tahun dengan penyakit Lupus, dan menjalani transplantasi ginjal.

Lupus adalah kondisi jangka panjang yang menyebabkan radang pada sendi, kulit dan organ lainnya. Ini adalah penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan sehat di banyak bagian tubuh.

 

5. Apa yang menyebabkan cegukan?

Kebanyakan orang sering mengalami cegukan. Cegukan hanya bertahan beberapa menit, biasanya Anda hanya menunggu cegukan hilang, atau merawatnya sendiri tanpa ke dokter umum.

Seringkali tidak ada alasan yang jelas mengapa Anda mengalami cegukan. Namun beberapa orang menemukan hal-hal tertentu yang memicu cegukan, seperti stres, emosi yang kuat, menurut NHS Choices. Dalam kasus yang jarang terjadi, cegukan yang bertahan lebih lama dari 48 jam bisa jadi karena kondisi medis atau obat yang Anda pakai.

 

6. Pencarian 13 Reasons Why

Netflix menunjukkan 13 Reasons Why juga memicu kebingungan, sehingga banyak yang melakukan pencarian. 13 Reasons Why adalah drama misteri yang ditayangkan di televisi daring mengenai dua orang siswa SMA, Clay Jensen dan Hannah Bakker yang melakukan bunuh diri karena tekanan di sekolahnya. Mereka merekam 13 alasan mereka bunuh diri dalam sebuah kaset video.

 

7. Mengapa croup lebih buruk di malam hari?

Croup adalah kondisi yang mempengaruhi saluran udara bayi dan anak-anak. Gejalanya meliputi suara serak, sulit bernapas dan suara serak saat bernafas.

Anak-anak dengan croup yang nampak baik atau lebih baik pada siang hari bisa terbangun dengan batuk dan susah bernapas di malam hari. Ini sebagian karena aliran darah ke saluran pernafasan berubah saat anak berbaring. Plus, udara kering bisa memperparahnya.

 

8. Mengapa minyak kelapa buruk bagi Anda?

Minyak kelapa telah dipuji sebagai semacam makanan super yang bisa membantu Anda tetap langsing, namun tidak ada penelitian yang menemukan minyak kelapa membantu menurunkan berat badan.

Sebuah laporan yang dikeluarkan oleh American Heart Association pada Juni menyarankan agar tidak menggunakan minyak kelapa. Ini karena minyak kelapa mengandung lemak jenuh tingkat tinggi, hampir enam kali lebih tinggi dari minyak zaitun.

 

9. Mengapa cuka sari apel bagus untuk Anda?

Minum cuka sari apel dapat membantu dengan acid reflux dan merupakan cairan anti jamur yang baik. Ini juga telah terbukti menurunkan kadar gula darah, dan membantu penderita diabetes.

Ada penelitian seputar cuka sari apel yang membantu menurunkan berat badan, namun ahli gizi Amy Shapiro mengatakan bahwa dia belum melihat cukup bukti bahwa itu benar.

 

10. Permasalahan ejakulasi pada pria

Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi orgasme pada pria. Ini sering dikaitkan dengan masalah ejakulasi, tapi tidak selalu. Menurut NHS, ini termasuk disfungsi ereksi (impotensi) dan ejakulasi retrograde, yang terjadi saat air mani, yang pada umumnya, diejakulasi melalui uretra, dialihkan ke kandung kemih.

Penyebab lainnya adalah ejakulasi dini, dan ejakulasi tertunda dan bahkan anejaculation (orgasme tanpa ejakulasi). Kebanyakan ahli percaya bahwa penyebabnya biasanya bersifat psikologis tapi mungkin Anda perlu untuk pergi ke dokter, jika Anda terus-menerus mengalaminya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA