Senin 20 Nov 2017 11:58 WIB

Beres-Beres Rumah Bantu Kurangi Risiko Kematian Lansia

Rep: Dea A Soraya/ Red: Indira Rezkisari
Ilustrasi Kesehatan lansia
Foto: dok. Republika
Ilustrasi Kesehatan lansia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lari, bersepeda, berenang dan jenis olah raga lain mungkin selama ini dianggap sebagai cara terbaik untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Namun bagi Anda yang telah mencapai usia lanjut, tak perlu melakukan olah raga fisik berlebihan untuk menjaga kebugaran.

Sebuah penelitian dari Journal of American Geriatrics Society menyatakan, wanita berusia lanjut (65 tahun lebih) tidak perlu berolah raga berat untuk sehat, mereka hanya perlu melakukan rutinitas sehari-hari yang nyatanya setara dengan olah raga ringan selama 30 menit. Penelitian ini dilakukan selama empat setengah tahun kepada 6.000 wanita dengan usia mulai 65 tahun hingga 99 tahun.

Masing-masing wanita usia lanjut tersebut dipasangkan accelerometer pada pinggul mereka yang berfungsi untuk mengukur jumlah gerakan dari aktivitas sehari-hari yang mereka lakukan. Pengitungan yang dilakukan selama satu minggu itu menunjukkan bahwa melakukan kegiatan atau rutinitas sehari-hari dapat membantu wanita usia lanjut mengurangi risiko kematian, karena saat melakukan rutinitas, mereka dapat menghabiskan lebih banyak energi dibanding saat mereka muda.

Perlu diketahui, melakukan olah raga ringan selama 30 menit dapat menurunkan sekitar 12 persen risiko kematian dan risiko penyakit kronis. Sedangkan olah raga moderat seperti bersepeda atau berlari dapat mengurangi risiko sebesar 39 persen.

"Setiap gerakan penting," kata Profesor Universitas Kalifornia, Andrea LaCroix.

Menurut LaCroix, banyak hal yang biasa dilakukan sehari-hari seperti bersih-bersih, berkebun, atau berjalan di taman yang dapat memperbaiki kesehatan dan kebugaran tubuh. Cara tersebut, kata dia sukses membuat lebih dari 55 persen lansia dapat terus beraktivitas secara normal tanpa bantuan siapapun.

"Jadi gerakan-gerakan ringan seperti ini harus dilakukan, namun dengan ukuran yang berbeda sesuai usia," kata LaCroix, dilansir dari Indian Express.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement