Senin 30 Oct 2017 13:20 WIB

5 Manfaat Minum Susu Kunyit

Rep: Novita Intan/ Red: Yudha Manggala P Putra
Susu Kunyit.
Foto: Boldsky
Susu Kunyit.

REPUBLIKA.CO.ID, INDIA -- Susu kunyit menjadi salah satu minuman khas di India. Minuman yang sudah menjadi resep turun menurun ini diyakini memiliki khasiat bagi tubuh.

Kunyit atau kunir (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val. ) termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia, bahkan Afrika. Tidak hanya di India, di Indonesia kunyit kerap menjadi pelengkap bumbu masakan, jamu, maupun untuk menjaga kesehatan.

Nah khusus untuk susu kunyit, ternyata ada setidaknya lima manfaat bagi kesehatan tubuh seperti dirangkum  dari Boldsky:

1. Mencegah Diabetes

Kunyit memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar gula darah Anda. Ditambah juga mengurangi resistensi insulin dalam tubuh.

2. Mencegah sindrom metabolik

Sindrom metabolik adalah kondisi dimana kadar gula darah, kolesterol, tekanan darah, dan lemak tubuh meningkat secara signifikan, yang pada gilirannya menyebabkan penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Kunyit membantu mengekang semua ini dengan menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh.

3. Menghilangkan depresi

Obesitas dan depresi adalah dua sisi mata yang sama. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa kedua kondisi tersebut menghasilkan masalah seperti peningkatan peradangan, resistensi insulin, dan ketidakseimbangan hormon.

Oleh karena itu, kunyit sangat baik untuk melawan depresi karena merangsang pelepasan serotonin dan dopamin di otak, yang membuat semangat Anda tetap terjaga sepanjang hari.

4. Mengobati Flu dan Batuk

Minum susu kunyit hangat saat flu dan batuk adalah makanan pokok di setiap rumah di India. Ini karena kunyit adalah agen anti-inflamasi dan anti-mikroba yang sangat baik. Sebenarnya, minum susu kunyit sangat manjur sehingga mereka yang meminumnya setiap hari dapat terhindar dari batuk dan pilek

5. Menghilangkan Nyeri

Ini adalah obat penghilang rasa sakit alami. Kunyit juga dikenal sebagai Aspirin alami Ayurveda karena merupakan penghilang rasa sakit di punggung yang manjur. Ia mampu mengurangi kadar prostaglandin dan interleukin, senyawa pemicu rasa sakit, di tubuh Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement