Ahad 29 Oct 2017 17:00 WIB

5 Tanda Stres Semakin tidak Terkendali

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ilustrasi.
Foto: ABC
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Stres adalah hal yang wajar, tetapi perlu segera diatasi jika sudah tidak terkendali. Pakar kesehatan emosi Tim Hipgrave dari Nuffield Health Inggris mengungkap sejumlah tanda yang menunjukkan stres sudah berlebihan, dikutip dari laman Mirror.

Selalu lelah

Stres memiliki sederet efek fisiologis, termasuk membuat tubuh merasa lelah sepanjang waktu. Stres juga menyebabkan seseorang sulit tidur di malam hari karena mengaktifkan bagian otak yang bertanggung jawab atas pengaturan tidur dan terjaga.

Kehilangan hasrat

Mereka yang sudah menikah mungkin menyadari bahwa saat stres, hasrat untuk berhubungan cenderung melemah. Stres mengganggu keseimbangan jalur neurologis dan hormon menjadi tidak sinkron yang akan menyebabkan hilangnya libido.

Gangguan makan

Stres jangka pendek mengganggu bagian hypothalamus pada otak sehingga seseorang kehilangan selera makan. Sebaliknya, stres dalam periode panjang membuat seseorang banyak makan, terutama makanan manis dan tidak sehat.

Panik berlebihan

Peningkatan denyut jantung bisa menyebabkan perasaan cemas serta serangan panik berlebihan. Hal itu dapat mengarah pada hiperventilasi atau menghirup dan mengembuskan napas dengan cepat dan dangkal.

Mudah sakit

Stres bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh karena terlepasnya kortisol ke aliran darah yang menghalangi hormon bermanfaat lain. Seseorang yang mudah terserang flu dan penyakit lain bisa jadi dilanda stres tingkat berat sehingga imunitasnya melemah.

Jika satu atau lebih tanda tersebut dialami, jangan dulu merasa tidak berdaya. Pulihkan diri dengan beristirahat, menenangkan pikiran, menyeimbangkan gaya hidup, dan mengerjakan permainan otak seperti puzzle dan teka-teki silang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement