Kamis 26 Oct 2017 05:39 WIB

Enam Tips Tingkatkan Kesuburan Wanita

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Ada sejumlah upaya yang bisa dilakukan wanita untuk memperbaiki kesuburuannya demi memiliki buah hati.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Ada sejumlah upaya yang bisa dilakukan wanita untuk memperbaiki kesuburuannya demi memiliki buah hati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbagai pengobatan masa kini berkembang untuk meningkatkan peluang kehamilan. Selain terapi, atau akupuntur, ada enam tips penting untuk meningkatkan kesuburan, dilansir dari Raised Good.

Detoksifikasi organ reproduksi

Detoksifikasi di sini bisa menggunakan minyak jarak. Selama ribuan tahun tanaman jarak digunakan untuk penyembuhan penyakit. Harganya juga lebih murah, mudah didapat, dan memberi manfaat pada tiga sistem di tubuh. Apa saja itu?

Pertama, sistem limfatik yang bertugas menghilangkan limbah dari sel-sel tubuh. Sistem limfatik ini bergantung pada seberapa banyak tubuh bergerak, sebab sistem ini tidak bisa bekerja seperti sistem peredaran darah yang otomatis. Oleh sebab itu mereka yang malas berolah raga biasanya mengalami gangguan sistem limfatik yang menurunkan tingkat kesuburan. Minyak jarak membantu membersihkan organ reproduksi dan meningkatkan penyembuhan jaringan rusak.

Kedua, sistem peredaran darah. Minyak jarak mendorong sirkulasi darah segar dan kaya nutrisi ke organ reproduksi. Sirkulasi darah yang sehat mendorong perbaikan dan penyembuhan jaringan parut dan kerusakan adhesi tubuh.

Ketiga, sistem hati. Tubuh yang mengalami kelebihan racun dan hormon biasanya disimpan di hati dan jaringan lemak. Ini bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormonal yang akhirnya mengganggu kesuburan. Minyak jarak membantu mendetoksifikasi hati.

Pijat femoral

Anda bisa melakukan latihan sederhana di rumah dengan pasangan, yaitu pijat femoral. Ini meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi sehingga membantu merangsang pembuahan (ovulasi). Pijat femoral ini bisa dilakukan dua kali sehari.

Caranya? Pijat daerah sepanjang lipatan paha atas dan perut Anda menggunakan ujung jari. Di sana terdapat arteri femoralis yang biasanya terasa berdenyut. Tekan ke bawah sampai Anda merasakan denyut nadi arteri femoralis ini berhenti. Tahan 30-45 detik, sehingga ini membuat darah berkumpul sejenak di rahim dan ovarium. Selanjutnya lepaskan tekanan pada daerah tersebut, sehingga Anda merasakan seperti hembusan napas ketika darah turun ke kaki Anda.

Pijat perlahan perut Anda dengan putaran searah jarum jam. Ini memberi nutrisi pada rahim dan ovarium. Ulangi gerakan sama sampai tiga kali. Cara ini dikemukakan penulis buku 'The Infertility Cure,' Dokter Randine Lewis.

Krim progesteron

Wanita yang memiliki endometriosis berisiko memiliki estrogen dominan dan progesteronnya sangat rendah. Padahal, progesteron sangat penting meningkatkan peluang hamil dan memberi nutrisi pada perkembangan janin. Progesteron mempertahankan kekuatan lapisan rahim sehingga sel telur yang baru dibuahi bisa bertahan dalam waktu lama.

Krim progesteron meningkatkan kesuburan dengan membuat lendir serviks yang bisa diakses sperma dengan mudah. Penggunaan krim ini sebaiknya di bawah bimbingan dokter. Penting untuk memeriksa krim yang Anda gunakan tidak mengandung minyak mineral yang bersifat estrogenik.

Sugesti positif

Pikiran bawah sadar atau sugesti juga memengaruhi peluang kehamilan. Anda perlu menyugesti diri untuk berpikir positif ke masa depan. Dengan membayangkan diri hamil, seorang wanita bisa meningkatkan peluang pembuahan atau ovulasi di dalam tubuhnya.

Penulis buku 'In the Mind Body Fertility Connection', James Schwarts menjelaskan bagaimana keyakinan alam bawah sadar bisa menghalangi pembuahan. Studi menunjukkan hipnosis juga bisa meningkatkan peluang kemungkinan pembuahan pada wanita yang menjalani program bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF) hingga 50 persen.

Jangan stres

Anda jangan terjebak dengan pikiran negatif bahwa Anda tak mungkin bisa hamil. Stres justru menghilangkan semua peluang kehamilan. Anda harus percaya tubuh Anda pasti mendapat mukjizat suatu hari nanti.

Yakinkan diri bahwa Anda bisa hamil. Penelitian menunjukkan ketidaksuburan meningkatkan tingkat kecemasan dan depresi sama pada wanita, layaknya kanker, penyakit jantung, dan HIV. Jadi, jangan meremehkan stres yang Anda rasakan ketika menjalani program hamil. Tetap bahagia, istirahat cukup, dan jangan menyerah.

Berdoa

Ini adalah kunci dari segala perjalanan hidup manusia. Doa dan usaha akan dibalas Tuhan setimpal suatu hari nanti. Perjuangan menjadi orang tua akan lebih berat dibanding perjuangan menuju kehamilan, sehingga Tuhan akan memberikan anugerah seorang anak pada hamba-hamba Tuhan yang siap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement