Rabu 06 Sep 2017 15:56 WIB

5 Tanda Tubuh Sakit Meski Kesannya Baik-Baik Saja

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Sakit kepala
Foto: flickr
Sakit kepala

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kelelahan dan insomnia adalah dua masalah kesehatan yang sering diabaikan orang akhir-akhir ini. Anda mungkin menganggap dua hal di atas seperti penyakit langganan yang datang dan pergi begitu saja.

Seseorang bisa saja berkata, "saya sehat" atau "saya baik-baik saja." Tapi, apakah tubuh orang tersebut selaras dengan perkataannya? Berikut adalah lima tanda tubuh tidak sehat meski Anda mengatakan sebaliknya, dilansir dari Womanitely.

Rambut rontok

Rambut rontok adalah indikasi Anda sakit, apakah itu kelelahan atau kurang gizi. Pastikan Anda menjumpai dokter jika mengalami kerontokan rambut tiba-tiba dan dalam jumlah banyak, khususnya wanita.

Kelelahan kronis

Kelelahan kronis yang biasa disebut chronic fatigue atau morning fatigue sering dialami kaum wanita. Anda memiliki jadwal sibuk dan kelelahan sepulang kerja. Jika kelelahan itu Anda rasakan berkepanjangan, termasuk saat Anda justru tak melakukan apa-apa, itu pertanda Anda mungkin menderita kelelahan kronis. Ini disebabkan kurang tidur, beban kerja terlampau banyak, bisa juga stres karena masalah hubungan pribadi atau keluarga.

Konstipasi

Konstipasi atau susah buang air besar bukanlah lelucon. Ini bisa menyebabkan masalah kesehatan serius. Anda mungkin tidak punya waktu memperhatikan gerakan usus Anda, namun itu sesungguhnya pertanda diet dan kebiasaan hidup tidak sehat. Tingkatkan asupan serat. Wanita setidaknya perlu mengonsumsi serat hingga 25 gram setiap hari untuk memperbaiki kinerja ususnya.

Sakit kepala

Orang yang tinggal di kota besar sering menganggap sakit kepala sebagai bagian dari hiruk pikuk kehidupan perkotaan. Sakit kepala kronis, parah, dan berkepanjangan sudah cukup alasan membuat Anda harus menemui dokter segera.

Kembung

Kembung mungkin akibat kebiasaan makan yang buruk. Orang yang sering mengalami kembung bisa jadi sedang dalam kondisi serius, seperti kanker ovarium, penyakit celiac, gagal ginjal, atau penyakit hati. Jika Anda mengalami kembung setidaknya dua kali sehari setiap hari, kunjungi dokter segera.

Jangan pernah mengabaikan masalah kecil. Penyakit yang Anda anggap biasa bisa jadi luar biasa suatu hari nanti. Perbaiki gaya hidup dan lihat apa yang bisa Anda lakukan untuk hidup lebih sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement