Senin 28 Aug 2017 11:29 WIB

Penyakit Kanker Ibarat Komputer yang Terkena Virus

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Wanita disarankan secara rutin memeriksakan kesehatan dirinya, terutama terkait kanker.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Wanita disarankan secara rutin memeriksakan kesehatan dirinya, terutama terkait kanker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kanker menjadi penyakit paling mengerikan di dunia. Karena kanker memang menjadi pembunuh nomor satu saat ini.

Prof DR dr Aru Wisaksono Sudoyo, Sp. PD-KHOM selaku Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dan Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI) mengatakan tubuh manusia ibarat sebuah komputer. Ketika sel kanker menyerang layaknya sebuah virus yang merusak program komputer.

"Kalau ada yang merusak program maka info akan salah. Prinsip kanker. Ada yang merusak program tubuh kita dan terjadi perubahan," jelasnya.

Pada dasarnya tubuh mempunyai kemampuan memperbaiki diri. Sel yang rusak ini akan dibuat mati sendiri. Namun untuk sel kanker yang sifatnya ganas, sel kanker tidak mau diatur dan tumbuh sendiri. Sel kanker ini menghabiskan jatah makan di sekitar. Dan dia menyebar kebagian tubuh lain.

Sel kanker ini berasal dari sel normal yang mengalami mutasi. Mutasi bahkan terjadi sampai empat kali. Dan menjadi sel ganas. "Sel kanker membelah setiap dua sampai enam minggu. Ukuran sel kanker itu satu juta sel kanker sama dengan ujung jarum. Satu miliar sel kanker sama dengan satu buah anggur."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement