Selasa , 01 Agustus 2017, 08:23 WIB

Waspada Terpapar Kuman Hair Dryer Hotel

Rep: Christiyaningsih/ Red: Esthi Maharani
Boldsky
Gunakan hair dryer dengan cara yang tepat untuk menghindari kerusakan rambut
Gunakan hair dryer dengan cara yang tepat untuk menghindari kerusakan rambut

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kamar-kamar hotel biasa dibersihkan setiap hari oleh para petugas hotel. Akan tetapi pembersihan setiap hari tidak menjamin kamar benar-benar steril dari kotoran. Masih ada titik-titik tertentu yang luput dari perhatian pegawai kebersihan sehingga menyebabkan tumpukan kuman.

Salah satu bagian yang nyaris tidak pernah diperhatikan adalah hair dryer yang ada di toilet hotel. Laman News Australia, menuliskan mayoritas pengering rambut di kamar hotel lebih kotor daripada dudukan toilet.

Pada umumnya para pelancong berusaha sesedikit mungkin membawa barang bawaan. Selain alasan kepraktisan, hal ini juga dilakukan untuk menghindari tambahan biaya bagasi di bandara. Sebuah studi dilakukan seorang mikrobiologis, Charles Gerba. Ia memeriksa kamar sembilan hotel di Los Angeles mulai dari hotel bintang tiga hingga bintang lima.

"Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dengan bantuan hair dryer dan itulah alasan mengapa benda itu bisa penuh dengan kuman," kata Gerba.

Banyaknya kuman pada hair dryer disebabkan petugas kebersihan hotel hanya memusatkan perhatian pada toilet, bak mandi, dan wastafel. Fasilitas hotel seperti hair dryer, tombol lampu, dan daftar menu di kamar dianggap bukan area yang kotor.

Padahal ribuan tangan tamu telah menyentuh benda-benda itu. Karena tak pernah dibersihkan maka tak heran kotoran dan kuman menempel pada barang-barang yang tak pernah dibersihkan.