Kamis 22 Jun 2017 05:46 WIB

Lima Makanan Sehat Ini Bisa Buat Perut Kembung

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nur Aini
Buah mangga.
Foto: Republika/Prayogi
Buah mangga.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Kacang dan minuman bersoda akan muncul dalam pikiran kita ketika memikirkan makanan dan minuman yang membuat perut kembung. Namun ternyata ada makanan sehat yang dapat membuat perut kita menjadi kembung secara terus-menerus.

Memakan makanan sehat tersebut secara berlebihan akan dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan manusia. Makanan ini mdengandung sejumlah besar nutrisi dan serat, tetapi dapat menyebabkan gas berlebih di usus.

Akibatnya perut  akan kram dan kita akan bersendawa. Seperti yang dilansir dari Daily Star, Rabu (21/6), berikut ini merupakan lima makanan sehat yang dapat membuat perut kembung,

1.  Mangga

Tubuh bisa mengalami kesulitan menyerap fruktosa dan mangga mengandung sejumlah besar fruktosa. Mangga memiliki lebih banyak fruktosa daripada glukosa. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan gas dan kembung.

2. Wortel

Sementara wortel memberi kita vitamin dan mineral penting, terlalu banyak sayuran ini dapat menyebabkan kembung. Sebab jumlah serat wortel tinggi.

3. Apel

Apel mengandung antioksidan dan fruktosa. Bila fruktosa tidak diserap ke dalam aliran darah melalui dinding usus, maka perut menciptakan gas yang tidak diinginkan.

4. Blackberry

Selain mengandung anti oksidan, Blackberry juga memiliki poliol yang juga dikenal sebagai gula alkohol. Gula alkohol ini akan berlama-lama di seputar sistem pencernaan dan hanya sebagian terserap oleh usus halus. Sisa-sia gula alkohol akan dikirim ke usus kecil dan besar. Hal itu bisa menyebabkan gas berlebih.

5. Artichoke

Sayuran ini mengandung gula alami yang sulit dipecah tubuh. Gula ini tidak dipecah seperti gula normal, melainkan dikirim ke usus besar dan kemudian akan dipecah oleh bakteri. Proses ini bisa menghasilkan bau gas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement