Kamis 04 May 2017 09:39 WIB

10 Makanan Kaya Kalsium yang Baik untuk Diet

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Brokoli, sayuran kaya kalsium
Foto: pixabay
Brokoli, sayuran kaya kalsium

REPUBLIKA.CO.ID, Kalsium sangat diperlukan oleh tubuh untuk memperkuat tulang, gigi, otot hingga menjaga sel agar tetap sehat. Agar asupan terpenuhi, seseorang disarankan untuk mengonsumsi 1.000 – 1.500 miligram kalsium per harinya.

Berikut ini merupakan makanan yang baik dikonsumsi agar kebutuhan kalsium terpenuhi.

Susu

Selain tinggi lemak dan protein, susu juga kaya akan kalsium. Dalam satu gelas susu mengandung sekitar 300 miligram kalsium. Jika susu digunakan sebagai olahan protein, maka kandungan kalsium akan berkurang separuhnya sehingga jika dikonsumsi Anda hanya akan mendapatkan 169 miligram kalsium.

Keju

Semua produk susu termasuk keju merupakan sumber kalsium yang melimpah. Setiap satu ons keju mengandung sekitar 224 miligram kaslium. Namun seperti susu, keju juga mengandung lemak sehingga disarankan dikonsumsi dalam jumlah sedang. 

Brokoli

Brokoli termasuk sayuran yang ajaib. Selain mengandung lebih dari 86 miligram kalsium, buah berwarna hijau ini juga mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan jeruk. 

Kubis

Seperti brokoli, kubis termasuk sayuran bergizi tinggi. Setiap 13 gram kubis yang dimasak setidaknya menambah asupan kalsium Anda sebanyak 93 miligram. Kubis sekaligus menjadi sumber vitamin C dan vitamin K. 

Buah Ara

Selain lezat, buah ara kaya akan kalsium. Dalam setiap 8 buah ara kering mengandung kalsium sebanyak 107 miligram. 

Jeruk

Seperti yang ketahui, jeruk adalah sumber vitamin C yang kaya. Selain itu, dalam setiap satu jeruk bisa mengandung lebih dari 65 miligram Kalsium.

Tahu

Tahu cukup dikenal sebagai pengganti daging atau protein bagi vegetarian, namun juga merupakan sumber Kalsium yang kaya. Setengah cangkir tahu dapat berisi hampir setengah dari asupan Kalsium harian yang direkomendasikan.

Kacang almond

Almond adalah pembangkit tenaga gizi, mengandung sejumlah protein, vitamin E, dan potassium yang baik. Meski mengandung lemak, lemak yang terkandung adalah lemak monounsaturated, yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Satu ons almond mengandung kalsium sebanyak 75 miligram.

Kacang putih

Kacang ini mengumpulkan banyak kalsium. Setiap 80 gram mentah, atau 200 gram kacang putih yang dimasak akan memberi Anda asupan kaslsium sebanyak 132 miligram. Kacang putih juga merupakan sumber serat, protein, dan zat besi, dilansir dari laman Lifehack.

 

Sarden

Sarden adalah ikan yang sangat bergizi.  Setiap 60 gram Sarden mengandung sebanyak 351 miligram Kalsium. Bukan itu saja, Sarden juga merupakan sumber vitamin D yang agak langka ditemukan dalam makanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement