Kamis 09 Mar 2017 14:53 WIB

Di Rumah Seharian, Bolehkah?

Rep: desy susilawati/ Red: Esthi Maharani
Pancara sinar matahari
Foto: pixabay
Pancara sinar matahari

REPUBLIKA.CO.ID, Seharian berada di dalam rumah mungkin tidak akan sangat mempengaruhi kesehatan. Tapi Anda tidak bisa terus tinggal terkurung dari pagi sampai gelap dan menjadikannya kebiasaan. Masalah terbesar adalah Anda tidak mendapatkan cahaya alami.

Sinar matahari cenderung bisa meningkatkan mood Anda, dan membantu tubuh Anda memproduksi vitamin D, yang telah terbukti membantu mengatur sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan dalam tubuh, dan banyak lagi.

Sinar matahari juga membantu menjaga jam biologis tubuh Anda. Ritme sirkadian Anda memainkan peranan utama dalam mengatur nafsu makan, jadwal tidur, dan tingkat energi. Penelitian telah menunjukkan bahwa paparan berlebihan terhadap penerangan listrik dapat membuang ritme internal.

Seperti dilansir dari laman Time, Kamis (9/3) setiap orang perlu sedikit meluangkan waktu di alam terbuka. Misalnya melihat pepohonan hijau yang dapat membantu meringankan gejala depresi hingga meningkatkan energi Anda.

Sebuah studi dari University of Glasgow di Skotlandia menemukan bahwa orang yang berjalan, berlari, atau bersepeda di alam memiliki risiko yang lebih rendah dari kesehatan mental yang buruk daripada orang yang berolahraga di gym atau di rumah.

Memang pada hari-hari tertentu Anda mungkin merasa tidak mungkin untuk menghabiskan banyak waktu di luar ruangan. Hanya jangan sampai menjadikanya kebiasaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement