Selasa , 14 February 2017, 11:56 WIB

10 Makanan Penyebab Sakit Jantung

Rep: Novita Intan/ Red: Esthi Maharani
Boldsky
Nyeri di dada, bisa jadi pertanda sakit jantung
Nyeri di dada, bisa jadi pertanda sakit jantung

REPUBLIKA.CO.ID, Makanan tidak sehat seringkali menjadi faktor risiko penyebab penyakit jantung dan penyakit metabolisme lainnya. Musuh utama jantung adalah kolesterol dan lemak. Kolesterol dapat terbangun dalam arteri dan menyebabkan semua jenis masalah jantung seperti penyakit jantung koroner, pembekuan, serangan jantung dan banyak lagi.

Berikut makanan terburuk untuk jantung adalah makanan yang banyak mengandung garam, gula dan lemak, seperti dilansir Time, Jakarta, Selasa (14/2) antara lain :

1. Makanan cepat saji

Makanan ini memiliki lemak jenuh yang benar-benar bisa membuat jantung Anda terganggu. Namun sebenarnya apabila dikonsumsi dalam jumlah sering, daging sapi juga memiliki beberapa manfaat kesehatan jantung.

Profesor kardiologi di Hofstra University dan kepala kardiologi di Rumah Sakit St. John Episcopal di New York City, Dr Regina Druz mengatakan secara umum lemak jenuh dari hewan, terutama bila dikombinasikan dengan karbohidrat, tampaknya memiliki efek merusak pada kesehatan jantung.

"Menghindari restoran cepat saji, yang cenderung menggunakan bahan-bahan berkualitas rendah dan metode memasak sehat, selalu cara cerdas untuk mencegah penyakit jantung," katanya.