Senin 13 Feb 2017 08:54 WIB

Postur Tubuh Pengaruhi Suasana Hati

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Postur tubuh mempengaruhi suasana hati / ilustrasi
Postur tubuh mempengaruhi suasana hati / ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebanyakan orang berpikiran jika suasana hati akan sangat mempengaruhi postur tubuh. Penelitian baru menunjukkan postur tubuh pun nyatanya memiliki pengaruh besar dalam mengendalikan suasana hati.

Ketika orang sedih atau kecewa, biasanya dia akan cenderung membungkukan badannya. Itu menunjukkan kondisi suasa hati yang sedang jatuh dan buruk. Tapi, penelitian yang dilakukan  University of Auckland menunjukkan jika postur tubuh yang mempengaruhi suasana hati. Dalam penelitian tersebut dilibatkan 61 orang untuk diteliti tanda-tanda depresi.

Mereka dibagi menjadi dua kelompok,  peningkatan postur atau Improved Posture (IP) dan postur biasa atau Usual Posture (UP). Kedua kelompok ini diminta untuk melakukan dua kegiatan sambil duduk, mendengarkan pidato, dan menghitung mundur dari 1022 hingga 13.

Pada kelompok IP mereka diminta untuk melakukan kegiatan itu dengan duduk tegak. Sedangkan kelompok IP diizinkan untuk membungkuk seperti kegiatan biasa saja.

Selesai melakukan kegiatan tersebut, kedua kelompok itu ditanyakan seputar perasaan yang terjadi pada saat melakukan kegiatan. Kelompok IP menyatakan jika mereka tidak lelah dan sangat antusias ketimbang kelompok UP, dikutip dari Indy100, Senin  (13/2).

Dari hasil percobaan tersebut, peneliti menyimpulkan jika postur tubuh memiliki peran besar membangun suasana hati dalam berkegiatan. Dengan duduk tegak akan memberikan efek yang lebih semangat daripada duduk membungkuk yang biasa dilakukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement