Ahad , 12 February 2017, 17:53 WIB

Masyarakat Diajak Rutin Lakukan Senam Jantung

Red: Esthi Maharani
Antara
Ratusan ibu ikut senam demi jantung sehat / Ilustrasi
Ratusan ibu ikut senam demi jantung sehat / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Pemerintah Kota Medan mengajak masyarakat untuk rutin melakukan senam jantung, sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan salah satu organ vital di tubuh tersebut sehingga tetap sehat. Hal itu disampaikan Asisten Pemerintahan Setdakot Medan Musadad Nasution saat mengikuti senam mengikuti jantung sehat di Lapangan Merdeka Medan, Ahad (12/2).

Seribuan warga didominasi yang telah berusia paruh baya itu dengan penuh antusias mengikuti seluruh gerakan yang diperagakan sejumlah instruktur karena sangat bermanfaat untuk merawat kesehatan jantung. Senam jantung sehat itu merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemkot Medan setiap Ahad pagi, yang digagas Ketua Tim Penggerak PKK Kota Medan Rita Maharani Dzulmi Eldin yang juga merupakan salah seorang pengurus di Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Sumatera Utara.

Selain masyarakat, senam jantung juga diikuti sejumlah pimpinan SKPD, camat, lurah serta pengurus TP PKK Kota Medan. Mereka berbaur bersama masyarakat mengikuti senam jantung yang dimulai sekitar pukul 06.30 WIB. Durasi senam jantung pun tidak lama, yakni dibawah satu jam. Senam diawali dengan pemanasan, tahap conditioning dan diakhiri dengan pendinginan.

Musadad mengatakan, senam jantung itu sangat penting karena gerakannya dibuat khusus agar jantung dapat mengambil oksigen sebanyak-banyaknya sehingga kadar oksigen dalam tubuh terpenuhi. Untuk mendapatkan hasil maksimal, senam jantung itu harus dilakukan rutin sehingga manfaatnya dapat dirasakan.

"Senam jantung sangat besar manfaatnya bagi kesehatan. Selain menyehatkan jantung, senam ini juga akan menghilangkan 'trigliserida' dari aliran darah yang merupakan penyebab kegemukan tubuh. Jadi seperti ajakan yang selalu disampaikan wali kota, marilah kita rutin mengikuti senam jantung di Lapangan Merdeka setiap Minggu pagi," katanya.

Sumber : antara

Berita Terkait