Jumat 30 Dec 2016 06:03 WIB

Manfaat Hypno-birthing Sebelum dan Sesudah Persalinan

Ilustrasi melahirkan tanpa sakit/hypnobirthing
Foto: pixabay
Ilustrasi melahirkan tanpa sakit/hypnobirthing

REPUBLIKA.CO.ID, Saat ini, proses melahirkan secara alami seakan semakin jarang. Hal itu disebabkan oleh tingginya tingkat stres yang dialami oleh ibu selama mengandung buah hatinya.

Hal ini diungkapkan oleh praktisi Hypno-birthing, Lanny Kuswandi bahwa seni melahirkan secara alami hampir sirna. "Penyebabnya adalah tingginya tingkat stres serta kurangnya edukasi kehamilan secara holistik yang meliputi body, mind dan spirit," kata dia saat ditemui Republika di Pro V Clinic (Holistic Care), Permata Hijau, Jakarta-Selatan belum lama ini.

Dia menyarankan, ibu hamil bisa sedikit rileks demi perkembangan bayi di dalam kandungan sampai masa bersalin tiba. Untuk bisa seperti itu, perlu metode yang harus diterapkan, yaitu Hypno-birthing.

Metode yang saat ini sudah digandrungi para ibu muda dan artis ini, sebut saja Widi B-Three saat melahirkan anak ketiganya, Alice Norin, istri dari Omesh, serta beberapa artis lainnya, memiliki banyak manfaat. Mengutip dalam buku Keajaiban Hypno-birthing karya Lanny Kuswandi, berikut manfaatnya:

Manfaat selama kehamilan

1. Mengatasi rasa tidak nyaman selama hamil dan rasa sakit saat melahirkan tanpa efek samping terhadap janin.

2. Mengurangi rasa mual, muntah dan pusing di trimester awal.

3. Membantu janin terlepas dari kondisi lilitan tali pusat, bahkan bisa memperbaiki letak janin sungsang menjadi normal.

4. Membuat kondisi ibu hamil menjadi tenang dan damai selama kehamilannya. Ketenangan dan rasa damai sang ibu juga akan dirasakan oleh janin.

Manfaat menjelang persalinan

1. Melatih relaksasi untuk mengurangi kecemasan serta ketakutan menjelang persalinan yang dapat menyebabkan ketegangan, rasa nyeri, dan sakit saat persalinan.

2. Mampu mengontrol rasa sakit pada saat kontraksi rahim.

3. Meningkatkan kadar endorfin dalam tubuh untuk mengurangi, bahkan menghilangkan rasa nyeri pada saat kontraksi dan persalinan.

Manfaat saat persalinan

1. Memperlancar proses persalinan.

2. Mengurangi risiko terjadinya komplikasi dalam persalinan dan terjadinya pendarahan. Kondisi yang tenang membuat keseimbangan hormonal di dalam tubuh.

3. Membantu menjaga suplai oksigen pada bayi selama proses persalinan.

Manfaat setelah persalinan

1. Meningkatkan ikatan batin bayi dengan orang tuanya.

2. Mempercepat pemulihan dalam masa nifas.

3. Mencegah depresi pascapersalinan.

4. Memperlancar produksi ASI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement