Selasa 03 Jan 2017 13:15 WIB

Tahukah Anda Manfaat Zinc Bagi Tubuh?

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Biji labu merupakan salah satu makanan kaya zinc.
Foto: Pixabay
Biji labu merupakan salah satu makanan kaya zinc.

REPUBLIKA.CO.ID, Zinc merupakan salah satu unsur yang sangat penting untuk perkembangan tubuh. Fungsi zat Zinc ini juga membantu pertumbuhan manusia dan meningkatkan imunitas. Tanpa Zinc, ratusan enzim dalam tubuh tidak bisa berfungsi.

Seperti dilansir dari laman Verywell,Selasa (3/1) sistem kekebalan tubuh manusia terutama usia atas lebih rentan terhadap pelemahan sehingga dapat menyebabkan masalah pada kesehatan. Untuk mengatasinya, dapat melalui makanan yang mengandung nutrisi seperti phytochemical.

Dengan mengonsumsi makanan sehat, dapat mengurangi kerentanan terhadap penyakit seperti pada pernapasan. Kandungan yang terdapat dalam makanan sehat dapat bekerja meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Seperti zat fitokimia dari sayuran berwarna, buah-buahan, dan makanan nabati lainnya juga memiliki efek meningkatkan daya kekebalan tubuh.

Apabila di dalam tubuh manusia mengalami penurunan kekebalan tubuh dapat meningkatkan risiko sehingga menciptakan penyakit kanker. Beberapa studi di Amerika Serikat menemukan orang tua paling sering mengalami kekurangan Zinc. 

Dalam studi tahun 2007, orang dewasa usia 55-87 memiliki rendah seng plasma dan stres oksidatif yang lebih tinggi dan penanda inflamasi dibandingkan dengan orang dewasa muda. Setengah dari orang dewasa yang lebih tua mengambil suplemen Zinc selama 12 bulan, dan setengah lainnya mengambil plasebo.

Tingkat infeksi pernapasan dan tanda peradangan dan stres oksidatif yang lebih rendah pada kelompok Zinc dibandingkan kelompok plasebo. Hal lainnya, sebuah studi di American Journal of Clinical Nutrition 2016 menyebut terdapat sebuah penghuni panti jompo yang mengalami kekurangan Zat Zinc setiap hari. 

Di sisi lain, bagi mereka yang berusia 60-65 tahun tetapi tidak diet optimal mulai memperkuat fungsi kekebalan tubuh. Tapi mereka yang makan diet yang tepat mungkin perlu suplemen Zinc diperkirakan sekitar 50 persen lebih tinggi bagi mereka yang mengikuti diet benar-benar berbasis tanaman karena berkurangnya bioavailabilitas dari makanan nabati. 

Senyawa antioksidan yang ditemukan dalam biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan biji-bijian, dapat mengurangi perkembangan dan pertumbuhan tubuh melalui Zinc. Selain itu, mineral lainnya seperti zat besi dan kalsium mengganggu penyerapan Zinc. Tembaga juga bersaing dengan seng untuk mengikat protein di dalam sel-sel tubuh.

Meskipun Zinc memiliki banyak fungsi yang berbeda dalam tubuh, karakteristik kekebalan kerusakan seperti yang usia yang mirip dengan defisiensi zinc, menyiratkan bahwa berkurangnya seng bisa menjadi faktor utama dalam penurunan terkait usia fungsi kekebalan tubuh. Zinc sangat penting untuk sintesis DNA dan proliferasi sel, dan untuk alasan ini, sel-sel yang sangat berkembang biak, seperti sel-sel kekebalan tubuh, tergantung pada pasokan yang cukup dari seng atau Zinc. Pertumbuhan atau fungsi dari berbagai jenis sel kekebalan, seperti makrofag, neutrofil, sel pembunuh alami, sel T, dan sel B terganggu oleh kekurangan zinc.

Selain perannya dalam sistem kekebalan tubuh, seng juga mengurangi stres oksidatif, memainkan peran struktural oleh protein menstabilkan, mengatur ekspresi banyak gen, dan mendorong ratusan reaksi kimia dalam tubuh. Zinc juga diperlukan untuk pelepasan neurotransmitter di otak dan insulin kemasan dan sekresi.

Terpenting mempertahankan Zat Zich Anda bisa menjadi kunci untuk hidup panjang, hidup sehat dengan mengoptimalkan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda. Ditambah dengan makan, kaya tanaman (Nutritarian) diet padat nutrisi sehingga bisa memperlambat proses penuaan dan menurunkan risiko Anda untuk pneumonia dan infeksi yang mengancam jiwa lainnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement