Selasa 08 Nov 2016 12:15 WIB

Meski Jasad Sudah Mati, Tubuh Masih Bisa Lakukan Ini

Orang meninggal. Ilustrasi
Foto: abc
Orang meninggal. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tanda tubuh yang paling terlihat dari seseoang yang sudah meninggal adalah tidak adanya detak jantung. Selain itu, tubuh perlahan menjadi membiru dan aliran darah berhenti.

Tetapi, ada hal lain yang dilakukan oleh tubuh meski jasadnya sudah mati. Dilansir laman Womans Health Mag, Selasa (8/11), berikut hal yang terjadi pada tubuh setelah jantung tak lagi berdetak.

Buang air

Jasad yang sudah mati ternyata masih bisa mengeluarkan kotoran seperti buang air kecil atau besar. Ini dikarenakan otot yang menjaga kantung kemih akan lebih relaks dan dengan sendirinya kotoran akan keluar begitu saja.

Kerutan di dahi menghilang

Otot menjadi tidak tegang ketika tubuh tak lagi bernyawa. Hal itu menyebabkan beberapa kerutan akan menghilang atau terhenti.

Mendesah

Seseorang yang telah meninggal jika bagian tubuhnya digerakkan, itu akan menyebabkan udara masuk ke tenggorokan. Kemudian akan memainkan pita suara hingga terdengar bunyi desahan dari dalam paru-paru.

Noda hitam

Tubuh yang tak lagi bernyawa membuat hati tak lagi menjaga aliran darah tetap mengalir. Gravitasi yang akan mengambil alih pekerjaan tersebut. Jika seseorang meninggal dalam kondisi duduk, darah akan mengalir ke tempat yang paling rendah yaitu pergelangan kaki. Itu akan menyebabkan noda hitam pada pergelangan kulit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement