Kamis 27 Oct 2016 11:01 WIB

Mengenal Pingsan dan Penyebabnya

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah
Perempuan pingsan
Foto: Boldsky
Perempuan pingsan

REPUBLIKA.CO.ID, Pingsan berarti hilangnya kesadaran seseorang secara tiba-tiba. Bagi para penderita penyakit jantung, pingsan bisa jadi sinyal bahaya adanya serangan yang tidak terduga.

Perlu masyarakat ketahui bahwa tidak semua pingsan menjadi salah satu indikator adanya masalah kesehatan. Lebih dari 75 persen pada usia tidak tua dari kasus pingsan tidak terhubung dengan masalah medis yang mendasarinya. Dilansir Boldsky, Kamis (27/10), pasokan darah yang kaya akan oksigen harus mengalir tanpa celah ke otak. Saat itu tidak terjadi, maka individu tentu akan pingsan.

Dalam beberapa kasus, orang pingsan bisa terjadi karena adanya reaksi emosional yang merangsangnya. Kecemasan akan bahaya, paparan panas, rasa sakit yang hebat, masalah detak jantung dan sejumlah gangguan jantung bisa menyebabkan pingsan.

Minum alkohol juga dapat menyebabkan gangguan pada arteri Anda.  Hal ini dapat menyebabkan tingkat tekanan darah turun sehingga menyebabkan seseorang pingsan. Selain itu, individu yang berolahraga juga dianggap lebih sering mengalami pingsan. Sebab, biasanya lebih rentan adanya gangguan saat mengalirkan darah atau ventrikel takikardia sebagai alasan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement