Selasa 18 Oct 2016 12:12 WIB

Perpanjang Remisi Penyakit Autoimun dengan LDHS

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
AR merupakan penyakit imunitas (autoimun) yang menyerang sendi-sendi, terutama sendi tangan.
Foto: enforma
AR merupakan penyakit imunitas (autoimun) yang menyerang sendi-sendi, terutama sendi tangan.

REPUBLIKA.CO.ID,  Penyakit autoimun merupakan penyakit yang membuat sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melawan virus dan bakteri dalam tubuh berbalik menyerang sistem jaringan tubuh sendiri. Meski penyakit autoimun jarang bisa disembuhkan, penyakit ini dapat dikendalikan hingga mencapai kondisi remisi dengan pengobatan medis yang teratur serta ditunjang dengan lima dasar hidup sehat (LDHS).

Christine Putri dari Autoimmune Warrior Community mengatakan LDHS memegang peranan penting dalam proses meraih remisi ataupun memperpanjang remisi pada penderita penyakit autoimun. Oleh karena itu, Christine mendorong para penderita penyakit autoimun untuk mulai aktif menerapkan LDHS di samping menjalani terapi pengobatan sesuai dengan anjuran dokter. "Yang pertama dari LDHS adalah gaya hidup sehat," ujar Christine kepada Republika.co.id.

Christine mengatakan gaya hidup sehat meliputi pemilihan makanan yang sehat tanpa msg atau pengawet. Juga pemeriksaan berkala sekaligus menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Poin kedua dalam LDHS, Christine mengatakan adalah aktif mandiri. Christine mengatakan aktif mandiri dapat diwujudkan melalui olahraga rutin 30 menit per hari hingga menanam bahan pangan sendiri untuk mengurangi risiko paparan pestisida.

Yang tak kalah penting, dia mengatakan ialah poin pengendalian stres. Mengingat stres memiliki dampak negatif bagi kesehatan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan penderita autoimun dalam mengendalikan stres. Beberapa di antaranya ialah melalui ibadah, menjalin komunikasi yang positif serta melakukan manajemen waktu yang baik. "Poin lainnya ialah terus belajar," tambah Christine.

Christine menilai penting bagi penderita autoimun untuk mengedukasi diri agar lebih memahami informasi obat. Sehingga ada pengelolaan keuangan yang baik selama terapi. Salah satu cara yang bisa dilakukan penderita autoimun untuk mengedukasi diri dan berbagi informasi ialah bergabung dengan komunitas.

Poin terakhir yang juga memegang peranan penting dalam meraih dan memperpanjang remisi bagi penderita autoimun ialah hidup positif. Hidup positif bisa diraih dengan banyak cara di mana salah satunya ialah bekerja cerdas. "Serta jangan lupa untuk selalu tersenyum," pesan Christine.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement