Rabu 05 Oct 2016 05:18 WIB

Makanan Terbaik untuk Atasi Depresi

Rep: Santi Sopia/ Red: Esthi Maharani
almond
Foto: .
almond

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perasaan stress atau kondisi depresi cenderung dialami kaum urban masa kini. Dengan segudang kesibukan yang dihadapi sehari-hari, tak heran banyak yang mengalami kurang istirahat sehingga menyebabkan depresi. Namun, ada cara sederhana untuk mengatasi depresi, salah satunya dengan mengonsumsi makanan tepat dan sehat.

Dilansir laman Boldsky, Rabu (5/10), konsumsi yang bagus dapat mencegah maupun mengatasi depresi, terutama bagi wanita yang baru melahirkan atau mengalami depresi postnatal. Setelah melahirkan, ada perubahan signifikan pada tubuh wanita, baik secara fisik maupun emosional.

"Karena itu, penting sekali untuk konsumsi makanan sehat, bergizi," kata laporan tersebut.

Beberapa konsumsi yang baik tersebut, termasuk di antaranya, daging ikan, kacang almond, coklat, buah-buahan hingga sayuran. Kacang almond mengandung asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan kadar serotonin di otak. Lalu, kandungan antioksidan dan asam lemak omega-3 dalam buah alpukat dapat mencegah depresi karena mampu memelihara sel-sel otak Anda. Sementara dengan sering mengonsumsi ikan, maka hormon bisa seimbang karena kandungan vitamin E.

Ada lagi buah pisang yang kaya kandungan kalium dapat membantu mengobati gejala depresi. Pun sayuran bayam yang kaya akan kandungan zat besi, bermanfaat meningkatkan aliran darah ke otak dan mencegah penipisan serotonin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement