Rabu 21 Sep 2016 06:02 WIB

Tradisi Kesehatan India Kuno Larang Kombinasi Makanan Ini

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Lemon
Foto: pixabay
Lemon

REPUBLIKA.CO.ID, Tradisi kesehatan tradisional India (ayurveda) selalu memperhatikan kombinasi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sebab, beberapa jenis makanan yang dikombinasikan diyakini justru dapat menciptakan racun.

Berikut beberapa kombinasi makanan yang harus dihindari karena tidak baik untuk kesehatan.

Daging dengan susu

Dalam beberapa tradisi kuno memasak anak kambing dengan menggunakan susu induknya dianggap perbuatan dosa. Kemungkinan, anggapan ini logika yang sama yang diwariskan untuk peradaban modern. Susu di sebagian besar peradaban tidak dianggap cocok dengan daging.

Yogurt dengan buah-buahan

Menurut ayurveda, makanan asam yang dikombinasikan dengan yogurt tidak bagus untuk pencernaan dan dapat memperlambat metabolisme.

Peppermint dengan minuman soda

Banyak yang percaya bahwa peppermint tidak bereaksi terhadap minuman bersoda. Namun, menurut ayurveda, peppermint dengan minuman bersoda berpotensi membentuk sianida di dalam perut jika dikombinasikan dalam proporsi tertentu.

Susu dengan antibiotik

Beberapa antibiotik menghambat penyerapan kalsium dan mineral dari susu yang Anda minum. Untuk itu, kombinasi ini harus dihindari.

Lemon dengan susu

Jus lemon yang dikombinasi dengan susu dapat membentuk asam di dalam perut. Menurut ayurveda, kombinasi ini bisa menjadi racun bagi kesehatan.

Madu dengan air panas

Seorang ahli yang juga penulis di The Prime, Dr Kulreet Chauday, menyebutkan air panas yang dicampurkan dengan madu dapat menghasilkan ‘ama’, sebuah racun yang sulit untuk dihilangkan. Selain itu, kualitas madu pun akan hilang jika dicampurkan di dalam air panas, dilansir dari Times of India.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement