Rabu 14 Sep 2016 17:42 WIB

Cegah Obesitas dengan Pola Hidup Sehat

Pria obesitas
Foto: Telegraph
Pria obesitas

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Cara utama mencegah obesitas yakni dengan menerapkan pola hidup sehat. Di antaranya dengan berolahraga secara teratur, diet seimbang, menghindari stres, serta menghindari merokok.

"Dengan melakukan pola hidup sehat maka akan terhindar dari risiko kegemukan, karena jika seseorang menderita obesitas akan mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan," kata Kepala Dinkes Kota Padang Feri Mulyani saat dihubungi dari Padang, Rabu (14/9).

Obesitas merupakan sebuah kondisi dimana terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh sehingga melebihi batas yang baik untuk kesehatan, yang diukur dengan penghitungan Indeks Massa Tubuh (IMT). "Cara penghitungan IMT adalah berat badan (kg) dibagi tinggi badan (m) kuadrat," ujar Feri.

Pria dikatakan obesitas ketika lemak tubuhnya mencapai minimal berlebih 25 persen dari ukuran ideal. Sedangkan pada wanita jika jumlah lemaknya mencapai lebih dari 30 persen dari takaran ideal maka disebut sudah kegemukan.

Dia menyebutkan berbagai penyakit dapat muncul jika seseorang menderita obesitas diantaranya diabetes mellitus, serangan jantung, kolesterol tinggi dan penyakit lainnya. "Sehingga perlu adanya pencegahan sedini mungkin, karena penyebab diabetes dapat berbagai macam diantaranya faktor genetik, kurang aktivitas, dan makan secara berlebihan," ujarnya.

Ia mengimbau agar masyarakat selalu menjaga kesehatan dengan melakukan pola hidup sehat, agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang ditimbulkan akibat tidak menjaga kesehatan.

Menurut WHO Asia Pasifik, berat badan disebut ideal atau gemuk bila memenuhi kriteria diantaranya adalah jika BB kurang IMT kurang dari 18,5, BB normal jika IMT 18,5-22,9, BB lebih jika IMT lebih dari 23, BB pra obesitas jika IMT 23-24,9, BB obesitas I jika IMT 25-29,9 dan BB obesitas II jika IMT lebih dari 30.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement