Sabtu 10 Sep 2016 00:10 WIB

Pertimbangkan Ini Sebelum Anak Pakai Kawat Gigi

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah
Kawat gigi
Foto: doityourself.com
Kawat gigi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tren kawat gigi bisa membuat anak ikutan ingin memakainya. Sebenarnya, kapan dan mengapa behel alias dental braces itu diperlukan?

"Kawat gigi diperlukan untuk mengatasi maloklusi atau susunan gigi yang tidak teratur," ungkap Eva Fauziah, ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia Cabang Jakarta.

Selain berdampak pada estetika wajah, kawat gigi juga sangat memengaruhi kesehatan. Gigi yang terawat dengan baik Eva mengatakan akan membuat tumbuh kembang anak lebih optimal.

Eva menjelaskan, ada berbagai jenis kawat gigi yang pemasangannya disesuaikan dengan kebutuhan. Pasalnya, maloklusi yang dialami masing-masing orang bisa berbeda dan terbagi dalam banyak spesifikasi.

Kawat gigi tertentu bersifat permanen dan ada juga yang removable alias mudah dilepas-pasang. Pilihan pemakaian tersebut harus dikonsultasikan dengan dokter gigi yang kompeten dan memiliki sertifikasi.

Memasang behel di tukang gigi atau membeli lewat laman daring lalu memasangnya sendiri sangat tidak disarankan Eva. Hal tersebut bisa berbahaya karena kawat gigi yang digunakan tidak terjamin kualitasnya.

"Pemasangan kawat gigi membutuhkan perhitungan khusus yang rumit. Kalau asal tempel bisa berbahaya dan berisiko menyebabkan gigi yang dipasangi breket menjadi bolong," tutur Eva.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement